Pengaruh Pelayanan Pelanggan dan Dampaknya Terhadap Kegiatan Promosi Kesehatan Melalui Media Informasi Di Lombok Timur

Didin Hadi Saputra, S.E., M.M(1*), Teny Susanti(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Komunikasi merupakan hal penting dalam kehidupan manusia. Salah satu komunikasi dan interaksi social yang sangat penting dalam proses kehidupan kita sebagai manusia adalah komunikasi kesehatan dalam bentuk promosi atau iklan bidang kesehatan. Pentingnya kegiatan promosi kesehatan sangat dirasakan oleh sebagian besar manusia dalam menunjang aktivitas hidupnya sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang timbulkan dari kegiatan promosi kesehatan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah (PEMDA) Lombok Timur. Pendekatan atau metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan bekerjasama dengan unsur penting dalam kegiatan lapangan, yakni para tokoh agama. tersebut dilakukan disebabkan karena belum adanya panduan atau rujukan yang digunakan dalam bekerja oleh para petugas kesehatan tersebut dapat memahami seluk-beluk promosi kesehatan dan dapat melaksanakan rujukannya tersebut dengan baik. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan design atau metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara diskusi kelompok terarah.  Penelitian ini mendapatkan, keberhasilan pembangunan kesehatan melalui kegiatan program promosi kesehatan. Selanjutnya, kegiatan tersebut mampu menjadi fondasi program atau menjadi salah satu tulang punggung bagi pelaksanaan pembangunan daerah yang berwawasan dan berkemajuan melalui media promosi kesehatan. Media yang di gunakan dalam system promosi kesehatan ini juga diharapkan dapat menyediakan data dan informasi dalam penyusunan rencana pembangunan daerah yang dapat memberikan analisis yang mendukung penyediaan dana atau anggaran, serta sumberdaya. Program promosi kesehatan juga dapat digunakan oleh para penentu kebijakan untuk pengambilan keputusan, serta untuk menggambarkan situasi dan kondisi kesehatan masyarakat di Kota Selong. Program ini juga sangat membantu dalam rangka mengiklankan program Dinas Kesehatan Lombok Timur dalam rangka lebih mengenal program pemerintah, terutama program pemerintah pusat dan bersinergi dengan program kesehatan Pemerintan Propinsi.


Keywords


pelayanan, promosi kesehatan, program pemerintah, media massa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Daerah DI, Kesehatan B. Promosi kesehatan.

Soedjarwadi RM, Jawa P. Analisis Strategi Promosi Kesehatan dalam Rangka Meningkatkan Kesadaran Hidup Sehat oleh Rumah Sakit Jiwa Daerah. 2017;12.

Nababan S, Agushybana F, Suryoputro A. Efektifitas Ceramah Booklet dan Buzz Group dalam Upaya Pencegahan Pneumonia pada Anak. 2019;14(1).

Nugraheni H, Prayoga AN, Aida WN. Peran Guru dalam Kegiatan Promosi Kesehatan Pencegahan Obesitas pada Siswa Sekolah Dasar. 2019;14(1).

Harli M, Widjanarko B, Agushybana F. Persepsi Orang Tua terhadap Pemberian Imunisasi MR pada Anak Sekolah Dasar Berbasis Agama. 2019;14(2).

Dan B, Kelas S, Dan I V, Dasar VS. Nursing News Volume 4, Nomor 1, 2019. 2019;4.

Marwati T, Aisya IR, Alifariani A, Dahlan UA, Iii K, Prof J. PROMOSI KESEHATAN UNTUK MENDUKUNG PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA ( PIS-PK ) INDIKATOR HIPERTENSI DAN KB DI DESA COMBONGAN Keywords : Healthy Indonesia Program , Family Approach , Hypertension Indicator and Family Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga , pembiayaan dan kepemimpinan atau pemerintah ( Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ,. 2018;2(1):75–82.

Ardian I, Rohmawati N. Promosi Kesehatan : Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Ceramah Mempengaruhi Pengetahuan Kader Posyandu Tentang Status Gizi Balita Effect Of Health Promotion : Health Education With Method Of Knowledge On Knowledge Of Posyandu Cadres On Nutrition Status Of Toddler. :96–102.

Promosi D, Perilaku I, Masyarakat FK, Airlangga U. EVALUASI STANDAR PROMOSI KESEHATAN DI RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA EVALUATION STANDARD HEALTH PROMOTION IN ISLAMIC HOSPITAL SURABAYA Monica Galih Prahesti dengan pelayanan prima . Sedangkan PKRS. 2014;23–34.

Ibu KK, Kesehatan P, Putri S, Hardi P, Rokhmah D, Nafikadini I. Peran Pendamping Program Keluarga Harapan dalam Meningkatkan. 2019;14(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v6i2.5243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.