Strategi dan Kebijakan Manajemen dalam Pengawasan Produk Persediaan di PT. XYZ Indonesia

Rimsa Rusmiland(1*), Dian Jingga Permana(2)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


PT. XYZ Indonesia memiliki lebih dari 6.000 produk item, dan hampir 70%
produk diimpor dari banyak cabang XYZ CO di berbagai negara di dunia. Saat ini mengalami masalah dengan meningkatnya persediaan produk. Penyebab utamanya diduga salahnya strategi bisnis dan pemasaran yang diterapkan. Tujuan penelitian berfokus kepada:  1) Mencari faktor  penyebab terjadinya  peningkatan inventaris.  2).  Menentukan strategi agar persediaan yang ideal agar mencegah terjadinya  Non-Working Inventory  (NWI) di masa depan?  Penelitian ini menggunakan  metode analisis SWOT yang kemudian dihubungkan dengan Analisis C&E atau diagram tulang ikan  dan kemudian menggunakan Strategi Bisnis Porter  Generic  serta BCG  Matrix  (Boston Consulting Group Matrix). Kesimpulan: 1) Ada 3 faktor yang menyebabkan peningkatan persediaan produk dalam 2 tahun terakhir. 2). langkah-langkah yang diperlukan PT. XYZ Indonesia dalam memperbaik masalah  terdiri atas: Memperbaiki strategi pemasaran yang kurang fokus dan tidak tepat, Membangun Kemitraan  serta perluasan jaringan dengan melibatkan departemen terkait lainnya seperti  departemen Legal,  Supply Chain  dan  Pembinaan diperlukan karena program pembinaan akan memiliki interaksi dua arah dan topik yang spesifik serta fokus pada penyelesaian masalah.

Keywords


SWOT, Analisis C&E, Strategi Bisnis Porter Generic, Matrix BCG

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Asmoko, H. (2013). Teknik Ilustrasi Masalah - Fishbone Diagram. Badan Pendidikan Dan Pelatihan Keuangan Departemen Keuangan, 1–8.

Guntara, S. R., Yogaswara, B., & Aurachman, R. (2017). Strategi Transformasi PT Generation Indonesia Menuju Pendekatan Matriks Boston Consulting Group. proceedings of Engineering, 4(3), 4436–4444.

Hill, T., & Westbrook, R. (1997). SWOT Analysis: It’s Time for a Product Recall. Long Range Planning, 30(1), 46–52.

Kim W. Chan; Mauborgne Renée. (2010). Blue Ocean Strategy: From Theory to Practice. California Management Review, Bind 47, Hæfte 3, 101(1–2), 105–121.

Porter, M. E. (1980). e. Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York: The Free Press.

Porter, M. E., & Gibbs, M. illustrations. (2001). Strategy and the Internet.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v6i1.5169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.