Strategi dan Kebijakan Manajemen dalam Pengawasan Produk Persediaan di PT. XYZ Indonesia
(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
produk diimpor dari banyak cabang XYZ CO di berbagai negara di dunia. Saat ini mengalami masalah dengan meningkatnya persediaan produk. Penyebab utamanya diduga salahnya strategi bisnis dan pemasaran yang diterapkan. Tujuan penelitian berfokus kepada: 1) Mencari faktor penyebab terjadinya peningkatan inventaris. 2). Menentukan strategi agar persediaan yang ideal agar mencegah terjadinya Non-Working Inventory (NWI) di masa depan? Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT yang kemudian dihubungkan dengan Analisis C&E atau diagram tulang ikan dan kemudian menggunakan Strategi Bisnis Porter Generic serta BCG Matrix (Boston Consulting Group Matrix). Kesimpulan: 1) Ada 3 faktor yang menyebabkan peningkatan persediaan produk dalam 2 tahun terakhir. 2). langkah-langkah yang diperlukan PT. XYZ Indonesia dalam memperbaik masalah terdiri atas: Memperbaiki strategi pemasaran yang kurang fokus dan tidak tepat, Membangun Kemitraan serta perluasan jaringan dengan melibatkan departemen terkait lainnya seperti departemen Legal, Supply Chain dan Pembinaan diperlukan karena program pembinaan akan memiliki interaksi dua arah dan topik yang spesifik serta fokus pada penyelesaian masalah.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Asmoko, H. (2013). Teknik Ilustrasi Masalah - Fishbone Diagram. Badan Pendidikan Dan Pelatihan Keuangan Departemen Keuangan, 1–8.
Guntara, S. R., Yogaswara, B., & Aurachman, R. (2017). Strategi Transformasi PT Generation Indonesia Menuju Pendekatan Matriks Boston Consulting Group. proceedings of Engineering, 4(3), 4436–4444.
Hill, T., & Westbrook, R. (1997). SWOT Analysis: It’s Time for a Product Recall. Long Range Planning, 30(1), 46–52.
Kim W. Chan; Mauborgne Renée. (2010). Blue Ocean Strategy: From Theory to Practice. California Management Review, Bind 47, Hæfte 3, 101(1–2), 105–121.
Porter, M. E. (1980). e. Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York: The Free Press.
Porter, M. E., & Gibbs, M. illustrations. (2001). Strategy and the Internet.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v6i1.5169
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.