REAKSI RAMADHAN EFFECT TERHADAP SAHAM PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN DI INDONESIA
(1) Perbanas Insitute
(2) Institut Keuangan Perbankan dan Investasi Asia Perbanas
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis statistik (H0), yaitu tidak terdapat perbedaan trading volume activity dan abnormal return yang terjadi sebelum dan sesudah bulan Ramadhan tahun 2016, 2017 dan 2018. Sampel penelitian sebanyak 12 perusahaan yang ditetapkan berdasarkan teknik purposive sampling. Data penelitian diambil dari BEI berupa data time series harian IHSG, harga penutupan saham, volume perdagangan, serta banyaknya saham beredar selama 20 hari bursa pada bulan Sya’ban, 20 hari bursa pada bulan Ramadhan dan 20 hari bursa pada bulan Syawal pada tahun 2016, 2017 dan 2018. Pengolahan data menggunakan software SPSS versi 20.0 dengan melakukan uji statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan menggunakan paired sample ttest. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa trading volume activity terbesar dan abnormal return tertinggi terjadi pada bulan Sya’ban. Trading volume activity tidak berbeda signifikan antara sebelum Ramadhan (Sya’ban) dan sesudah Ramadhan (Syawal). Begitu juga dengan abnornal return tidak berbeda signifikan antara sebelum Ramadhan (Sya’ban) dan sesuah Ramadhan (Syawal). Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa Ramadhan effect tidak mempunyai reaksi pada trading volume activity dan abnornal return saham barang konsumsi, khususnya pada saham perusahaan makanan dan minuman.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Bialkowski, J. P., Etebari, A., & Wisniewski, T. P. (2011). Piety and Profits: Stock Market Anomaly During the Muslim Holy Month. SSRN Electronic Journal, 44(0). https://doi.org/10.2139/ssrn.1470048
Cahyono, H., & Fitradiansyah`, H. (2017). Abnormal Return Differences Before And After Amnesty Tax Policy 2016 - 2017 Period II And III (Event Study at Company divided in LQ45 Index). IJEBD (International Journal Of Entrepreneurship And Business Development), 1(1), 39–74. https://doi.org/10.29138/ijebd.v1i1.345
Hassan, A. (2015). Role of Stock Market in Economy of a Country. International Research Journal of Management & Commerce Innovations, 3(2), 609–611.
Hidayat, A. (2016). Budaya Konsumen Bulan Ramadhan Bagi Masyarakat Modern Di Indonesia. Jurnal Kebudayaan Islam, 14(2), 267–278.
Ismanto, H. (2011). Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 2, November 2011. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(2), 186–205. https://doi.org/10.1007/978-90-481-2532-6_2
Khaled, S., & Saud, A. (2018). Islamic Calendar Effect on the Saudi Stock Market (TASI). Multi-Knowledge Electronic Comprehensive Journal For Education And Science Publications (MECSJ), (14), 1–26.
Nasution, L. Z., Sulistyo, & Halim, A. (2016). Pengaruh Volume Perdagangan Saham, Frekuensi Perdagangan Saham, Volatilitas Harga Saham, dan Kapitalsiasi Pasar terhadap Return Saham Perusahaan Makananan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi Unikama, 4(2), 1–28.
Nawaz, S., & Mirza, N. (2012). Calendar Anomalies and Stock Returns : A Literature Survey. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 2(12), 12321–12329. Retrieved from http://www.textroad.com/JBASR-Feb, 2012(2).html
Özlem, ?., & Tan, Ö. F. (2018). Ramadhan Effect On Stock Markets. Journal of Research in Business, 1(3), 77–98. https://doi.org/10.23892/jrb.2018.23
Sandhu A, A. A. (2015). Islamic Calendar Effect on Market Risk and Return Evidence from Islamic Countries. Journal of Business & Financial Affairs, 4(2). https://doi.org/10.4172/2167-0234.1000140
Sawitri, N. N., & Astuty, P. (2018). Market anomalies and effect on returns. European Research Studies Journal, 21(2), 630–649. https://doi.org/10.35808/ersj/1029
Setiasri, R., & Rinofah, R. (2016). Pengaruh Ramadhan Terhadap Return dan Volume Perdagangan Saham Pada Jakarta Islamic Index (JII). Jurnal Manajemen Dewantara, 1(1), 101–109.
Shamsabadi, H. A., Dargiri, M. N., & Rasiah, D. (2012). A review study of risk-return relationship and performance measures comparing different industry sectors. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 6(12), 14–22.
Sondakh, J., Pontoh, W., & Tangkuman, S. (2014). Pengaruh Rasio Keuangan atas Return Saham pada Perusahaan Industri Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 1(1), 65–79.
Sonjaya, A. R., & Wahyudi, I. (2016). The Ramadhan effect: Illusion or reality? Arab Economic and Business Journal, 11(1), 55–71. https://doi.org/10.1016/j.aebj.2016.03.001
Suryanto. (2015). ANALYSIS OF ABNORMAL RETURN BEFORE AND AFTER THE ANNOUNCEMENT OF INVESTMENT GRADE INDONESIA Suryanto Department of Business Administration, University of Padjadjaran. International Journal of Business and Management Review, 3(1), 11–23. Retrieved from www.eajournals.org
Syarifatul, A, dkk. (2015). Reaksi Abnormal Return dan Trading Volume Activity terhadap Ramadhan Effect ( Studi Pada Perusahaan Food And Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2014 ). Jurnal Administrasi Bisnis, 27(1), 1–10.
Tandelilin, E. (2010). Portfolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. (1st ed.). Yogyakarta: Kanisius.
Taslim, A., & Wijayanto, A. (2016). Pengaruh Frekuensi Perdagangan Saham, Volume Perdagangan Saham, Kapitalisasi Pasar dan Jumlah Hari Perdagangan Terhadap Return Saham. Management Analysis Journal, 5(1), 1–6.
Yuniati, N. R. . (2014). Ramadhan Anomaly Effect Pada Jakarta Islamic Index. XIX(1), 60–72.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v6i4.4675
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.