Strategi Manajemen Meningkatkan Kinerja dan Pelayanan Anggota Koperasi Produksi Pedagang Kota Depok

Dhona Shahreza(1*), Lindiawatie Lindiawatie(2)

(1) Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Koperasi Produksi Pedagang Kota Depok (KPPD) berdiri sejak 2016 namun kehadirannya tidak mampu menarik pedagang mikro dan kecil di pasar untuk aktif menjadi anggota. Bahkan, kini hanya 50 orang anggota yang aktif dari 300 orang yang terdaftar. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi manajemen KPPD dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada anggotanya. Metode kualitatif deskriptif diterapkan dengan  pengumpulan data melalui wawancara terstruktur dan semi terstruktur terhadap pengurus dan pengelola koperasi, dokumentasi dan observasi langsung ke koperasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT dengan mengidentifikasi faktor eksternal dan internal untuk mendapatkan matriks SWOT. Hasil penelitian merumuskan strategi manajemen yang fokus pada peningkatan aset dan profit dengan cara membuat dan meningkatkan kualitas produk/jasa dan memperluas saluran pemasaran. Adapun strategispesifik yang dirumuskan berupa: 1) Strategi SO dengan cara meningkatkan kualitas SDM, Perluasan usaha tidak saja berupa simpan pinjam, meningkatkan komitmen pengurus, Memperkuat pangsa pasar; 2) Strategi STdengancara membangun fasilitas yang memadai, meningkatkan kepercayaan anggota dan calon anggota, menetapkan strategi pemasaran; 3) Strategi WOdengancara menambah modal baru, memperketat syarat pinjaman, meningkatkan komitmen anggota,meningkatkan promosi, meningkatkan kualtitas pelayanan dan 4) Strategi WT dengan cara meningkatkan strategi manajemen yang efektif dan efisien, menampilkan keunggulan produk yang berdaya saing, bekerja sama dengan pemerintah untuk memperkuat koperasi.

 


Keywords


Kinerja, Koperasi; Pelayanan; Strategi manajemen

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto, & Setiabudi, I. (2014). Konsumen dan Pelayanan. Yogyakarta: Gava Media.

Hanny, Kurniawati, K., Waruwu, B. S., & Pribadi, R. (2017). Analisis Reidentifikasi Empat Masalah Utama Koperasi di Kabupaten Subang sebagai Dasar Penyusunan Strategi. Jurnal Akuntansi, 9(No.1), 54-73.

keuanganLSM. (2015, Oktober 14). KeuanganLSM. Dipetik Juli 1, 2019, dari keuanganlsm.com: http://keuanganlsm.com/peran-koperasi-pedagang-pasar-perlu-diperkuat/

Mawikere, L. (2014). Analisis Pengakuan Pendapatan dan Beban pada Koperasi Listrik PT PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo Menurut PSAK No.27. Jurnal LPPM bidang EkoSosBudKum, 1(No.2), 41-55.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Nassaji, H. (2015). Qualitative and Descriptive Research : Data Type versus Data Analysis. Language Teaching Research Volume 19, 129-132.

Pardede, M. (2011). Manajemen Strategik dan Kebijakan Perusahaan Pedoman Utama Pembuatan Rencana Strategik (Restra) atau Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Pearce II, J. A., & Robinson, Jr, R. B. (2008). Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2010). Strategic Management : Manajemen Strategis Konsep. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sari, G. N. (2016). Analisis SWOT Strategi Pemasaran pada Koperasi Indonesia Berjamaah. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Setyawan, R. (2015). Penerapan Analisis SWOT sebagai Landasan Merumuskan Strategi Pemasaran Usaha Jasa Sewa Mobil AMAN-AMIN Transport Tours and Travel Ambarketawang Sleman Yogyakarta. Yogyakarta: Lumbung Pustaka UNY.

Sindonews, T. (2018, Agustus 21). ekbis.sindonews.com. Dipetik Juni 28, 2019, dari sindonews.com: http://ekbis.sindonews.com/read/1331996/12-tahun-lpdb-kumkm-menyalurkan-dana-bergulir-rp85-triliun-15348711

Sudarsono, & Edilius. (2005). Koperasi dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartono, I. (2011). Strategi Pengembangan Koperasi Berorientasi Bisnis. Jurnal Among Makarti, 4(No.7), 33-47.

Sukandarmidi. (2012). Metodologi Penelitian: Pentunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v5i4.4173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.