Analisis Dampak Penerapan Sistem Satu Arah terhadap Kompensasi Finansial Supir Angkutan Kota di Kota Bogor

Yasya Fuadi Hidayati(1*), Lindawati Kartika(2), Hardiana Widyastuti(3)

(1) Institut Pertanian Bogor
(2) Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor
(3) Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor
(*) Corresponding Author

Abstract


Penerapan sistem satu arah merupakan salah satu bentuk pengelolaan lalu lintas yang dilakukan pemerintah kota Bogor dan Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan dikota Bogor. Penerapan  SSA  bertujuan mengurangi kemacetan dan jumlah kecelakaan di daerah sekitar kebun raya bogor. Salah satu dampak yang terjadi yaitu adanya perubahan trayek angkutan kota dengan jarak tempuh yang lebih jauh. Trayek angkutan kota yang mengalami perubahan panjang lintasan paling jauh yang dijadikan objek penelitian . Tujuan penelitian ini adalah  untuk menganalisis persepsi supir angkutan kota,  menganalisis kompensasi finansial supir angkutan  kota sebelum dan setelah adanya SSA, menganalisis Pengaruh penerapan SSA terhadap kompensasi supir angkutan. Sumber data di dapatkan melalui kuesioner, wawancara  dan kajian literatur. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda . Hasil penelitian menunjukan bahwa supir angkutan kota tidak setuju  dengan penerapan SSA. Pendapatan supir angkutan kota berkurang 25-50 persen setelah adanya penerapan SSA Hasil regresi linear berganda menyatakan bahwa variabel yang berpengaruh secara signifikan yaitu variabel peningkatan keselamatan.


Keywords


analisis regresi linear berganda, kompensasi,SSA

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v5i2.2717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.