Sistem Prediksi Penjualan Gamis Toko QITAZ Menggunakan Metode Single Exponential Smoothing

Salman Alfarisi(1*)

(1) Program Studi Teknik Informatika Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Untuk mendapatkan laba yang besar pada suatu perusahaan adalah dengan menentukan prediksi penjualan pada bulan berikutnya. Prediksi merupakan salah satu kunci dari keberhasilan penjualan karena dengan nilai prediksi penjualan yang bisa dijadikan panduan sebagai acuan untuk menentukan suatu penjualan produk. Metode Single Exponential Smoothing digunakan untuk menentukan prediksi penjualan pada periode berikutnya. Metode exponential smoothing merupakan metode peramalan yang cukup baik untuk peramalan jangka panjang,  jangka menengah maupun jangka pendek, terutama pada tingkat operasional suatu perusahaan, dalam perkembangan dasar matematis dari metode exponential smoothing. Data yang akan diolah adalah data pada Toko Qitaz, pada tahun 2016 dan disajikan pada data perbulan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah hasil analisa dari metode eksponensial tunggal untuk memperoleh informasi prediksi penjualan dan tingkat keakuratannya dengandata MAD, MSE, MAPEuntuk mencari error terkecil. Pada tahap berikutnya dibangun sebuah sistem prediksi penentuan permintaan konsumen dengan menggunakan metode pengembangan sistem waterfall dan pembuatan software yang  dirancang menggunakan bahasa pemrograman Java dengan editor NetBeans dan database MySQL. Dari hasil pengujian terhadap sistem yang telah dibuat, system dapat meramalkan data penjualan gamis pada toko Qitaz sehingga sistem dapat membantu toko Qitaz dalam mengambil keputusan pada perkiraan stok produk dengan tepat.


Keywords


Prediksi, Penjualan, Single Exponential Smoothing, Sistem

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Assauri, S. (2016). Manajemen Operasi Produksi Edisi 3. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Heizer, J., & Render, B. (2015). Manajemen Operasi Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Stevenson, W. J., & Shoung, S. C. (2013). Operations Management: an Asian Perspective. Jakarta: Salemba Empat.

Syofian, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v4i1.1908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.