Analisis Sistem Pengembangan SDM melalui Pendekatan Training, Studi pada PT. Tridharma Kencana

Eko Setiobudi(1*)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana Bekasi
(*) Corresponding Author

Abstract


Globalisasi mendorong adanya kompetisi organisasi sehingga mampu merebut market share yang lebih besar. Kompetisi juga terletak pada kompetensi, dimana pengembangan SDM menjadi bagian penting guna mendorong organisasi dapat semakin kompetitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana efektifitas training yang berjalan di PT. Tridharma Kencana sebagai bagian dari skema pengembangan karyawan. Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengambilan data primer melalui wawancara dan observasi. Data sekunder adalah data-data perusahaan yang diberikan kepada peneliti, maupun buku, dan jurnal. Pengambilan sampel dilakukan secara purposif dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang. Pengumpulan melalui wawancara, observasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Pengembangan SDM di PT. Tridharma Kencana, terdiri dari dua tahap, yakni pengembangan yang meliputi, Metode Understudy, Metode Job Rotasi, Metode Coaching-Counseling. Tahap kedua yakni training, sebagai tindak lanjut untuk meningkatkan kompetensi karyawan. Efektifitas dan kualitas training, maka dilakukan evaluasi, yang meliputi empat level evaluasi, yakni : Evaluasi level 1 (reaction), Level 2 (Learning), Level 3 (Behavior), dan Level 4 (result).Pelaksanaan training di PT. Tridharma Kecana selama semester I/2016 sebaknya 49 kali. Efektifitas dan kualitasnyapun dapat dilihat cukup baik, karena dalam melakukan evaluasi juga melibatkan atasan karyawan untuk melakukan penilaian, sehingga lebih independen dan kredibel.


Keywords


Evaluasi, Pengembangan, SDM, Training

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Becker, B., Huselid, M. E., & Ulchich, D. (2001). HR Scorecard: Menghubungkan orang, strategi, dan kinerja. Boston: Harvard Business School Press.

Bogdan, R., & J, T. S. (1992). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. (A. Furhan, Trans.) Surabaya: Usaha Nasional.

Creswell, J. W. (2014). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Terjemahan Edisi Ketiga). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif, Edisi Revisi,. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kirkpatrick, D. L. (2005, 11 23). Learning Evaluation. Retrieved 11 23, 2005, from Business Ball: http://www.businessballs.com/kirkpatricklearningevaluasionmodel.html

Kirkpatrick, D. L. (2006). Evaluating Training Programs: The four levels. San Francisco: Berrett-Koehler Publisher.

Marzuki, M. S. (1992). Strategi dan Model Pelatihan. Malang: IKIP Malang.

Moekijat. (1990). Evaluasi Pelatihan dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas Perusahaan. Bandung: Penerbit Mandar Maju.

Nawawi, H. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Paul, A. K., & R.N, A. (2003). Dampak Praktek Manajemen Orang pada Kinerja Organisasi: Analisis Model Kausal. International Juornal of Manajemen Sumber Daya Manusai, 156.

Spencer, N. L., & Signe, M. (1993). Competence at Work : Models for Superrior Performance. New York: John Wily & Son. Inc.

Straus, A., & Corbin, J. (2003). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif: Tata Langkah dan Teknik-Teknik Teorisasi Data. (M. Sodiq, & I. Mutaqien, Trans.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, N., & Ibrahim. (2002). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Al Gensindo.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wicaksono, Y. S. (2016). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Rangka Meningkatkan Semangat Kerja Dan Kinerja Karyawan (Studi DI SKM Unit V PT. Gudang Garam. Tbk. Kediri), . Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 3 No. 1 Tahun 2016, 123.

Wright, P. G., Moynihan, T., & Allen, M. (2005). Hubungan antara Praktek SDM dan Kinerja Perusahaan: Memeriksa Urutan Kausal. Jakarta: Personil Psikologi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v4i1.1906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.