Analisis Pelatihan dan Pendampingan Potensi Sosial Ekonomi Melalui Pendekatan Training Need Assessment di Kobalima Timur, Provinsi NTT

Wiriadi Sutrisno(1*), Novita Delima Puteri(2), Olos Wasahua(3)

(1) Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI
(2) Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI
(3) Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis pelatihan apa yang sesuai dan
dibutuhkan kawasan perbatasan, Kecamatan Koba Limu Timur, Provinsi NTT.
Pelatihan dan pendampingan ditujukan untuk meningkatkan keterampilan
masyarakat, agar mampu meningkatkan kondisi sosial dan ekonomi, baik
dibidang pertanian, pengolahan produk olahan, rencana usaha, pengenalan bank,
pengembangan kelembagaan khususnya pengembangan koperasi. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam (in depth interview) untuk mengkonfirmasi kebenaran data tersebut juga dilengkapi dengan pengamatan dan wawancara kepada tokoh masyarakat. Dalam pengumpulan data tentang profil digunakan teknik-teknik seperti Focus Group Discussion (FGD) dan Particaptory Rural Appraisal (PRA). Dengan melakukan serangkaian analisis, termasuk analisis SWOT, dilanjutkan dengan penerapan strategi Training Need Assesment (TNA), diperoleh paket pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hasil dari penerapan paket pelatihan dan pendampingan, masyarakat Kobalima Timur, mampu meningkatkan pengetahuan dan peraktik pengembangan kelembagaan, khususnya koperasi,
pengelolaan administrasi keuangan (Finon) dan pemerosesan peroduk olahan,
Ceguong.


Keywords


Pelatihan, Pendampingan, Sosek, TNA, FGD, PRA

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


[BNPP], 2015 , Pendampingan Pengelolaan Potensi Sosial dan Ekonomi

Lokal Kawasan Perbatasan, Laporan Akhir, Badan

Nasional Pengelolaan Perbatasan, Jakarta

[LAN], 1999, Model-Model Diklat Analisis Kebutuhan Diklat. Pembinaan

dan Pelatihan Teknik Menejemen, Lembaga Administrasi

Negara, Jakarta.

Blakely, Edward.J., 1994, Planning Local Economic Development, Theory

and Practice, 2nd edition, Sage Publication

Chamber (1996) dan Towsley (1993) dalam BNPP (2015) Pendampingan

Pengelolaan Potensi Sosial dan Ekonomi Lokal Kawasan

Perbatasan, Laporan Akhir, Badan Nasional Pengelolaan

Perbatasan, Jakarta

Chambers R. 2001. PRA, Participatory rural appraisal – memahami desa

secara partisipatif. Cetakan ke – 8 Penerbit Kanisius dan

OXFAM Yogyakarta, 114 hlm

Irianto Jusuf , 2001, Prinsip-prinsip Dasar Manajemen Pelatihan

(Dari Analisis Kebutuhan Sampai Evaluasi Program

Pelatihan), Insani Cendekia, Jakarta

Kartasapoetra (1987) dalam BNPP, 2015, Pendampingan Pengelolaan

Potensi Sosial dan Ekonomi Lokal Kawasan Perbatasan, Laporan

Akhir, Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan, Jakarta

Marpaung, Dr, MSc., 1999. Training Need Assesment (TNA), LAN RI,

Jakarta.

Marzuki, M.S, 1992, Strategi dan Model Pelatihan, Malang : IKIP

Malang.

Moekijat, (1990), Pengembangan dan Motivasi, Bandung : Pionir Jaya.

Rossett,Allison,Traininingm 1987, Needs Assessment,Educational

Technology Publicatin Englewood Cliffs,New

Sikula dalam Sumantri (2000:2), Pendampingan Pengelolaan Potensi

Sosial dan Ekonomi Lokal Kawasan Perbatasan, Laporan Akhir,

Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan, Jakarta

Simamora (}997 : 3b) dalam BNPP (2015), Pendampingan Pengelolaan

Potensi Sosial dan Ekonomi Lokal Kawasan Perbatasan,

Laporan Akhir, Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan,

Jakarta

William B. Werther (1989 : 287) dalam BNPP (2015), Pendampingan

Pengelolaan Potensi Sosial dan Ekonomi Lokal Kawasan

Perbatasan, Laporan Akhir, Badan Nasional Pengelolaan

Perbatasan, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v3i2.1762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.