SUKU BUNGA INDONESIA (SBI) DAN KURS MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN INDUSTRI KOSMETIK DI INDONESIA

Ratih Ikha Permata Sari(1*)

(1) Universitas Borobudur
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor pertumbuhan industri kosmetik  tampaknya terhadap tenaga kerja. Variabel ekonomi yang dianalisis adalah Suku Bunga Indonesia (SBI) dan kurs sebagai variabel bebas. Sedangkan pertumbuhan industri kosmetik dan tenaga kerja sebagai variabel terikat.  Data yang digunakan  adalah data sekunder dari lima perusahaan, yaitu PT. Paragon Technology and Innovation, Marthatilaaar Group, Viva Cosmetics, PT. Mustika Ratu dan LOREAL, selama kurun waktu 2010-2020. Penelitian ini  merupakan penelitian kuantitatif. Metode kuantitatif digunakan untuk menjelaskan secara statistik hubungan dan pengaruh variabel ekonomi di atas terhadap pertumbuhan industri kosmetik dampaknya terhadap tenaga kerja, baik secara keseluruhan maupun parsial. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah uang beredar, tingkat bunga, inflasi, tabungan masyarakat dan kurssecara serentak  berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fstatistik > Ftabel yaitu 13,09 > 2,49 dan nilai signifikansi probabilitas Fstatistik < F(5%) yaitu  0,000000 < 0,05. Sedangkan pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh terhadap SBI,  dimana nilai tstatistik < ttabel yaitu -0,56 < 1,70 dan nilai signifikansi probabilitas tstatistik < t(5%) yaitu 0,5792 < 0,05. Secara parsial jumlah uang beredar, tingkat bunga, dan tabungan masyarakat  berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, kurs tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, dimana nilai tstatistik < ttabel yaitu -0,73 < nilai 1,70 dan nilai signifikansi probabilitas tstatistik > t(5%) yaitu 0,4695 > 0,05. Demikian juga variabel kurs tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, dimana nilai tstatistik < ttabel yaitu1,69 < 1,70 dan nilai signifikansi probabilitas tstatistik < t(5%) yaitu 0,09 > 0,05. R2 untuk pertumbuhan ekonomi sebesar 42,44% dan R2 untuk SBI sebesar 80,08%.


Keywords


Kurs, Pertumbuhan, SBI

Full Text:

PDF

References


Ademuyiwa dan Adetunji. (2019). Impact_of_COVID-19s_Pandemic_on_the_Economy_of_In.pdf. (n.d.).

Adi. (2017). Inflation and Economic Growth: a Review of The International Literature. Journal Comparative Economic Research,20(3).DOI: https://doi.org/10.1515/cer- 2017-0019.

Adrian, Tobias, N. B. and D. G. (2019). Vulnerable Growth. American Economic Review, 109(4), 1263–1289.

Ali Abdulkadir. (2018) - The Impact of Imports and Exports Performance on the Economic.pdf. (n.d.).

Anggriawan, R., Maskie, G., & Syafitri, W. (2019). Analysis of the performance of the manufacturing industry sector in East Java Province and implications for strategy preparation. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(2), 72–77.

Badan Pusat Statistik. (2019). Ekonomi Indonesia Maju Karena UKM Kuat. Indonesia : Badan Pusat Statistik. Diakses pada 2 Oktober 2021 pk.14.17.

Badan Pusat Statistik. (2020). Tren Produk Kecantikan di Indonesia Tahun 2020. Jakarta : Badan Pusat Statistik. Diakses pada 07 Oktober 2021.

Ball et all. (2014). Pengantar Teori Ekonomi Makro. Jakarta : GP Press.

Baskoro, L. S., Hara, Y., & Otsuji, Y. (2019). Labor Productivity and Foreign Direct Investment in the Indonesian Manufacturing Sector. Signifikan: Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(1), 9–22. DOI: https://doi.org/10.15408/sjie.v8i1.7836.

Behun, M., Gavurova, B., Tkacova, A., & Kotaskova, A. (2018). the Impact of the Manufacturing Industry on the Economic Cycle of European Union Countries. Journal of Competitiveness, 10(1), 23–39.DOI: https://doi.org/10.7441/joc.2018.01.02.

Boediono. (1992). Reflections On Ricardian Equivalence.Jakarta : GP Press.

Chin. (2018).Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Dadang Saepuloh, S. N. M. (2019). The Influence of Economic Growth, BI Rate, and Inflation and the Impact on Direct Foreign Investment in Indonesia in 2010-2017. KnE Social Sciences, 1172–1187.

Dinh, T. T.-H., Vo, D. H., The Vo, A., & Nguyen, T. C. (2019). Foreign Direct Investment and Economic Growth in the Short Run and Long Run: Empirical Evidence from Developing Countries. Journal of Risk and Financial Management, 12(4), 176. DOI: https://doi.org/10.3390/jrfm12040176.

Ekawarna dan Muslim, F. (2010). Pengantar Teori Ekonomi Makro. Jakarta : GP Press.

Faridah Pardi, Zahariah Sahudin, Mohd Azlan Abd Majid, S. J. and N. A., & Ali, M. (2021). Digital Economy and Sustainable Development Path in Selected Asian Countries. Global Business and Management Research: An International Journal, 13(4), 1-14.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, D. N. (2015). Basic Econometrics (Edisi Keli). Jakarta Selatan : Salemba Empat. DOI: https://doi.org/10.1126/science.1186874%0D.

H. Masri, Z., Ratnasih, C., & Yolanda, Y. (2022). Of Several Monetary Variables on Economic Growth and Its Implications on FDI (Studies Analysis in Indonesia and Malaysia). February 2021. DOI: https://doi.org/10.4108/eai.30-10-2021.2315832.

Ha, Jongrim, M. Marc Stocker, and H. Y. (2020). Inflation and Exchange Rate Pass-Through. Journal of International Money and Finance. DOI: https://doi.org/105: 102187.

Handriani & Robiyanto. (2018). Investment Opportunity and. 19(2), 295–312.

Heizer Jay. (2005). Operations Management. Jakarta : Salemba Empat.

Herman, E. (2016). The Importance of the Manufacturing Sector in the Romanian Economy. Procedia Technology, 22(October 2015), 976–983. DOI: https://doi.org/10.1016/j.protcy.2016.01.121.

Hermanto, & Sutrisno. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN SEKTOR INDUSTRI FARMASI DAN IMPLIKASI TERHADAP KETERSERAPAN TENAGA KERJA Oleh. Ekonomi, 23(3), 217–228. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/1/article/viewFile/873/807.

Irma M. (2017). Analisis Pengaruh Motivasi Kerja, Gaya KepemimpiIrma M, et.al nan, Disiplin Kerja terhadap Kinerja Kerja Karyawan PT. Siantar Top Waru-Sidoarjo. Jurnal Ecobisma, 1(2), 1–18.

Ismail, P dan Z. (2012). Teori Ekonomi (Edisi 1). Surabaya : Dharma Ilmu, 2012.

Jamaludin, Nurasyikin, S. I., & Manaf, S. A. (2017). Macroeconomic Variables and Stock Market Returns: Panel Analysis from Selected ASEAN Countries. International Journal of Economics and Financial Issues, 7(1), 37–45.

Jhingan, M. (2014). Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan (Edisi Keen). Jakarta: Rajawali Pers.

Kementrian Perindustrian. (2015). Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional. Jakarta : Kementrian Perindustrian. Diakses pada 27 Oktober 2021 pk.19.23.

Kementrian Perindustrian. (2018). Industri Kosmetik Nasional Tumbuh 20%. Jakarta : Kementrian Perindustrian. Diakses pada 03 November 2017 pk.14.47.

Kementrian Perindustrian. (2019). Industri Kosmetik Tumbuh Signifikan Pada 2020 (J : K. Perindustrian (Ed.)). Diakses pada 30 Oktober 2021 pk.19.23.

Kilavuz, E., & Altay Topcu, B. (2012). Export and economic growth in the case of the manufacturing industry: Panel data analysis of developing countries. International Journal of Economics and Financial Issues, 2(2), 201–215.

Krugman. (2000).Konsentrasi geografis industri kecil dan rumah tangga (IKRT) di Kabupaten Pemalang Provinsi Jawa Tengah, 2000-2004.

Kuncoro. (2018). Metode Penelitian. Jakarta : Erlangga.

Liao, Y., Loures, E. R., Deschamps, F., Brezinski, G., & Venâncio, A. (2018). The impact of the fourth industrial revolution: A cross-country/region comparison. Production, 28. DOI: https://doi.org/10.1590/0103-6513.20180061.

Luhur Selo Baskoro, Yonsuke Hara, Y. O. (2019). Labor Productivity and Foreign Direct Investment in the Indonesian Manufacturing Sector. Ilmu Ekonomi, 8(1), 9–22.

M. Nazir. (2011). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Mads Kieler. (2006). The ECB’s Inflation Objective. https://doi.org/Kieler, Mads, The Ecb’s Inflation Objective (May 2003). Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=879167 or http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.879167

Manohar, J., Koshy, L., & Manohar, S. J. (2016). influence of television advertisement on buying behavior of youth towards cosmetic products INFLUENCE OF TELEVISION ADVERTISEMENTS ON BUYING BEHAVIOUR OF YOUTH TOWARDS COSMETICS PRODUCTS. April, 2–5. https://www.researchgate.net/publication/301350494.

Manuel Fernandes et al. 2017. Statistika Deskriptif Untuk Analisis Ekonomi. Jakarta. Penerbit Bumu Aksara.

Michael Ehrmann.Central bank communication.pdf. (n.d.).

Mishkin. (2008). Pengaruh inflasi dan tingkat suku bunga terhadap harga saham: studi pada perusahaan sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2017.

Moeliono, A. M. (2008). Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, dan Bahan Baku. Terhadap Hasil Produksi dalam Industri. Jakarta : Balai Pustaka.

Nachrowi dan Hardius. (2006). Instrumen Penelitian. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Okafor, T., Adegbite, E., & Abiola, B. (2018). Exchange rate fluctuations, inflation, and industrial output growth in Nigeria. International Journal of Supply Chain Management, 7(5), 118–128.

Okonkwo.(2016). Inflation, Foreign Exchange Rate and Manufacturing in Nigeria. European Journal of Accounting, Auditing and Finance Research, 4(3), 37–55.

Onuchuku, Otto & Nenbee (2019). Trade Liberalisation and Selected Manufacturing Sectoral Groups in Nigeria. World Journal of Innovative Research, 5(6), 37–46. DOI: https://doi.org/10.31871/wjir.5.6.9.

Pery Warjiyo dan Solikin. (2003).Ekonomi Pembangunan. Makassar : Media.

Prasetyo. (2021). Teori Ekonomi Makro. Jakarta: LPFEUI.

Rogoff, K. (2009). Paul Samuelson’s Contributions to International Economics. Samuelsonian Economics and the Twenty-First Century, i. DOI: https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780199298839.003.0015.

Salvatore, D. (2014). Ekonomi Internasional. Jakarta : Salemba Empat.

Samsul, M. (2006). Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Erlangga.

Samuelson, P. A. & W. D. N. (1994). Makro Ekonomi (Edisi keem). Jakarta : Erlangga.

Schumpeter, Hicks dan Madison. (2010)Ekonomi Internasional. Jakarta : Salemba Empat.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Swasta, B. dan H. (2000). Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen (Edisi 7). Prentice Hall.

Todaro, M.P. dan Smith, S. . (2020). Pembangunan Ekonomi (Jilid I Ed). Jakarta : Erlangga.

Zhang, Y. (2019). Impact of Foreign Trade, FDI, Exchange Rate, And Inflation on Economic Growth. Global Journal of Economics and Business Administration, 3(17), 1–11.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v9i4.17181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.