DETERMINAN KEBERTERIMAAN PENGGUNA SHOPEE DI KABUPATEN MINAHASA TENGGARA MENGGUNAKAN TECHNOLOGI ACCEPTANCE MODEL
(1) Universitas Kristen Satya Wacana
(2) (SCOPUS ID: 57093633500) Universitas Kristen Satya Wacana
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan riset ini untuk menemukan determinan keberterimaan pengguna aplikasi Shopee di Kabupaten Minahasa Tenggara saat pandemi Covid-19 menggunakan Technology Acceptance Model. Sampel riset berjumlah 187 orang yang merupakan pengguna aplikasi Shopee di Kabupaten Minahasa Tenggara. Regresi linear sederhana digunakan untuk menganalisis data riset ini. Hasil riset menemukan bukti bahwapersepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap persepsi kegunaan dan sikap penggunaan Shopee di Kabupaten Minahasa Tenggara, persepsi kegunaan berpengaruh positif pada sikap penggunaan dan sikap penggunaan aplikasi Shopee berpengaruh positif terhadap sikap penggunaan yang sesungguhnya. Hasil riset menemukan bahwa masyarakat di Kabupaten Minahasa Tenggara sudah menerima dan menggunakan aplikasi Shopee dengan baik saat pandemi Covid-19 berlangsung untuk transaksi belanja online. Masyarakat disana menganggap penggunaan aplikasi Shopee untuk aktivitas belanja online, membuat proses belanja menjadi praktis dan aman, serta mencegah penyebaran virus corona
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
AlQadrie, S. Z., Prawira, D., & Ilhamsyah. (2022). Analisis Kesuksesan E-Commerce Shopee Di Kalangan Mahasiswa Menggunakan Delone & Mclean IS Success Model (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Tanjungpura). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 10(2), 119.
Annur, C. M. (2022). Survei: Shopee Jadi Platform E-commerce yang Paling Banyak Digunakan Saat Harbolnas. Databoks.Katadata.Co.Id.
Ariska, I., & Amelia, R. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Marketplace Shopee Dan Lazada Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs). Bina Darma Conference on Computer Science, 321–327.
Budiastuti, A. D. P., & Muid, D. (2020). Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-commerce pada Aplikasi Shopee dengan Menggunakan Technology Model. Diponegoro Journal of Accounting, 9(4), 1–10.
Chaniago, D., & Akbar, M. (2020). Analisis Kemampuan Pengguna dalam Menggunakan E-Commerce Shopee Dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Nasional Ilmu Komputer, 2(2), 2746–1343.
Darmawan, E. S. (2022). Shopee jadi E-Commerce yang Paling Banyak Digunakan pada 2021. Kompas.Com.
Davis, F. D. (1985). A Technology Acceptance Model for Empirically Testing New End-User Information Systems: Theory and Results [Massachusetts Institute of Technology]. In Sloan School of Management (Issue January 1985). https://doi.org/oclc/56932490
Deananda, A., Budiastuti, P., & Muid, D. (2020). Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce Pada Aplikasi Shopee dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Diponegoro Journal of Accounting, 9(4), 1–10.
Fitriyani, F., Nabilah, A. H., Utami, A. S., Arifah, A. N., Rahmadanti, F. F., Salma, N. C., Arfiana, S. F., & Toharudin, T. (2021). Analisis Penggunaan E-Commerce terhadap Aktivitas Belanja Online Mahasiswa Jawa Barat di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Statistika X. http://prosiding.statistics.unpad.ac.id/index.php/prosidingnasional/article/view/88
Hanny, R., Syah, A., & Novita, D. (2020). Analisis Penggunaan E-Commerce terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Kuliner Kecamatan Sawangan, Depok. Excellent, 7(1), 56–68. https://doi.org/10.36587/exc.v7i1.626
Hervilia, H., Singasatia, D., & M. Agus Sunandar. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Teknologi Pada Pengguna Aplikasi Shopee Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). INSOLOGI: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(4), 401–410. https://doi.org/10.55123/insologi.v1i4.750
Mahendra, & Irfan. (2016). Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Mengevaluasi Penerimaan Pengguna terhadap Sistem Informasi pada PT. Ari Jakarta. Jurnal Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa, 5(2), 183–195.
Maria, E. (2020). Digitalisasi Ekonomi Desa Memasuki Era Kenormalan Baru. In T. C. Leasiwal (Ed.), Perkembangan Perekonomian Indonesia saat Serangan Pandemi Covid-19 (Vol. 1, Issue 9, pp. 25–58). CV. AA. Rizky.
Maria, E. (2021). Sistem Informasi Akuntansi dan UMKM saat Pandemi COVID-19. In H. Fahlevy, R. Mullyany, M. Indriani, D. Setiawan, & H. Ihsan (Eds.), Dinamika Akuntansi di Masa Krisis (1st ed., pp. 89–110). Syah Kuala University Press.
Minan, K. (2021). Analisis Pendekatan Metode TAM Pada Penggunaan Aplikasi E-Commerce. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 181–187. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1118
Nikolas, F., Antara, A. M. E., Fitriani, A. D. N., Darmayana, I. G., Agnestia, Pasangkin, J. K., & Islamiyah. (2022). Analisis Penerimaan Penggunaan Aplikasi E-Commerce Shopee Menggunakan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) pada Masyarakat Kalimantan Timur. Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 1(2), 115–121. https://doi.org/10.30872/atasi.v1i2.409
Olivia, O. (2022). Daftar Toko Online Paling Besar dan Terpopuler di Indonesia Tahun 2022. Kompas.Com.
Orariri, C. A., Wardianto, K. B., & Subagja, G. (2020). Analisis Minat Beli Online Pada Shopee (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Shopee Di Kota Bandar Lampung). Jurnal Kompetitif Bisnis, 1(2), 59–68.
Pranitasari, D., & Sidqi, A. N. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 18(02), 12–31. https://doi.org/10.36406/jam.v18i02.438
Prasetyo, E. A., Djumali, & Hartono, S. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan E-Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi. Manajemen Fakultas Ekonomi Uniba Surakarta). Smooting: Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 18(1), 27–36.
Primasari, D., Sudjono, & Abriani, N. (2019). Analisis Penggunaan E-Commerce terhadap Peningkatan Permintaan Kuantitas Produk Pada UMKM di Kabupaten Banyumas (Suatu Pendekatan Teori Technology Acceptance Model). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 10(1), 63–73.
Rismayanti, A., Maria, E., & Chernovita, H. P. (2021). Evaluasi Kesuksesan Website PT Yogyakartas Mega Grafika Saat COVID-19 Menggunakan Model DeLone-McLean. SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi, 10(3), 688–700.
Rosyida, S. (2017). Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Internet dalam Berbelanja Online. Jurnal Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa, 2, 81–86.
Safitri, L. A., & Dewa, C. B. (2020). Analisa Pengaruh Masa New Normal pada Penjualan Online Melalui E-Commerce Shopee. Daya Saing: Jurnal Manajemen Sumber Daya, 22(2), 117–125. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v22i2.12494
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. CV Alfabeta Bandung.
Toding, S., & Maria, E. (2023). Determinan Keberterimaan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Kota Ambon menggunakan Technology Acceptance Model. SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi, 12(1), 1–12.
Wantiknas. (2022). Ini Situs E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak per Agustus 2022. Dewan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Nasional. http://www.wantiknas.go.id/id/berita/ini-situs-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-per-agustus-2022#:~:text=Menurut data Similarweb%2C pada Agustus,7 juta kunjungan dari Indonesia
Wida, P. A. M. W., Yasa, N. N. K., & Sukaatmadja, I. P. G. (2016). Aplikasi Model TAM (Technology Acceptance Model) pada Perilaku Pengguna Istagram. Jurnal Ilmu Manajemen Mahasaraswati, 16(2), 1–20. https://doi.org/10.4018/joeuc.2004010104
Yang, M. Z., & Sihotang, J. I. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap User Interface Aplikasi E-Commerce Shopee Menggunakan Metode EUCS di Jakarta Barat. Informatics and Digital Expert (INDEX), 4(2), 53–60. https://doi.org/10.36423/index.v4i2.1110
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v9i4.17158
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.