FORMULASI STRATEGI PUBLIC RELATION DAN KEHUMASAN DALAM MENINGKATKAN CITRA TVRI SEBAGAITELEVISI PENDIDIKAN INDONESIA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Peranan public relations yang merupakan unsur penting dalam struktur perusahaan TVRI. Walaupun di bawah naungan mlik pemerintah , public relationsTVRI diperlukan dan bertugas untuk menarik minat penonton dan meningkatkan peluang kerjasama dengan perusahaan dalam rangka meningkatkan
kualitas TVRI sebagai media publik. Persaingan di media pertelevisian, menyebabkan peran publik relation sebagai good image maker bagi public dan menarik strategic partners perlu dioptimalkan. Berdasarkan uraian di atas peneliti membatasi penelitian ini pada Strategi Public Relations dalam meningkatkan Brand Image TVRI sebagai media televisi
pendidikan. Dengan perumusan masalahnya sebagai berikut: Bagaimana stategi Public Relations dalam proses meningkatkan citra TVRI sebagai televisi media pendidikan? Dan apa saja hambatan-hambatan dalam proses pelaksanaannya? Analisis yang digunakan dalam adalah SWOT Analysis, yang pada dasarnya menganalisis kekuatan dan kelemahan pada internal perusahaan, juga peluang dan ancaman apa yang akan di terima dari eksternal perusahaaan. Proses bagaimana menemukan suatu inovasi strategi yang di lakukan melalui cara-cara tertentu agar dapat meningkatkan citra perusahaan, berdasarkan strategi perusahaan secara keseluruhan dapat disusun strategi Public relation yang dapat diterapkan dalam rangka meningkatkan citra TVRI sebagai televisi pendidikan.
Dalam menarik minat penonton, TVRI melakukan beberapa jenis strategi Public Relations adalah komunikasi intensif kepada penonton, kemitraan dengan perusahaan yang mau bekerja sama. Strategi yang dilakukan TVRI diantaranya
yaitu: strategi lewat program-program yang banyak dibutuhkan penonton saat ini khusus nya program edukasi/pendidikan, strategi lewat event off air dan sponsoring serta strategi dengan menjaga citra positif dan menjalin hubungan baik dengan publik atau perusahaan lainnya. Dapat disimpulkan dari beberapa bentuk strategi public relations yang dilakukan oleh TVRI adalah meningkatkan peran dan fungsi publik relation sebagai komunikator maupun mediator yang mampu berperan aktif dalam meningkatkan citra positif TVRI sebagai televisi pendidikan.
kualitas TVRI sebagai media publik. Persaingan di media pertelevisian, menyebabkan peran publik relation sebagai good image maker bagi public dan menarik strategic partners perlu dioptimalkan. Berdasarkan uraian di atas peneliti membatasi penelitian ini pada Strategi Public Relations dalam meningkatkan Brand Image TVRI sebagai media televisi
pendidikan. Dengan perumusan masalahnya sebagai berikut: Bagaimana stategi Public Relations dalam proses meningkatkan citra TVRI sebagai televisi media pendidikan? Dan apa saja hambatan-hambatan dalam proses pelaksanaannya? Analisis yang digunakan dalam adalah SWOT Analysis, yang pada dasarnya menganalisis kekuatan dan kelemahan pada internal perusahaan, juga peluang dan ancaman apa yang akan di terima dari eksternal perusahaaan. Proses bagaimana menemukan suatu inovasi strategi yang di lakukan melalui cara-cara tertentu agar dapat meningkatkan citra perusahaan, berdasarkan strategi perusahaan secara keseluruhan dapat disusun strategi Public relation yang dapat diterapkan dalam rangka meningkatkan citra TVRI sebagai televisi pendidikan.
Dalam menarik minat penonton, TVRI melakukan beberapa jenis strategi Public Relations adalah komunikasi intensif kepada penonton, kemitraan dengan perusahaan yang mau bekerja sama. Strategi yang dilakukan TVRI diantaranya
yaitu: strategi lewat program-program yang banyak dibutuhkan penonton saat ini khusus nya program edukasi/pendidikan, strategi lewat event off air dan sponsoring serta strategi dengan menjaga citra positif dan menjalin hubungan baik dengan publik atau perusahaan lainnya. Dapat disimpulkan dari beberapa bentuk strategi public relations yang dilakukan oleh TVRI adalah meningkatkan peran dan fungsi publik relation sebagai komunikator maupun mediator yang mampu berperan aktif dalam meningkatkan citra positif TVRI sebagai televisi pendidikan.
Keywords
Public Relation, Kehumasan, TVRI
Full Text:
PDF (Indonesian)DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v2i1.1450
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.