KETERAMPILAN BERBICARA DALAM NEGOSIASI

Aster Pujaning Ati(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam dunia bisnis, istilah negosiasi bukanlah hal yang baru. Negosiasi digunakan untuk menjembatani dua kepentingan yang berbeda, misalnya antara penjual dan pembeli atau antara produsen dan konsumen. Oleh karena itu, agar terjadi suatu kesepakatan diantara kedua belah pihak, diperlukan negosiasi.
Dalam kehidupan sehari-hari mungkin anda sering mendengar kata negosiasi atau bernegosiasi.  Negosiasi merupakan suatu proses keterampilan berbicara antara dua pihak, yang masing-masing mempunyai tujuan dan sudut  pandang mereka sendiri, yang berusaha mencapai kesepakatan yang memuaskan kedua
belah pihak mengenai masalah yang sama. Untuk mencapai deal, ada dua hal pokok yang perrlu diketahui, yaitu bahasa tubuh dan bahasa lisan  salah satu bahasa lisan adalah Keterampilan  berbicara. Keterampilan  berbicara sangatlah
penting dalam dunia bisnis, berpolitik dan bernegara.Sementara itu, orang yang sering melakukan negosiasi disebut sebagai seorang negosiator. Tujuan ini menjelaskan mengenai  mengetahui konsep  keterampilan berbicara dalam negosiasi, mengetahui ketentuan umum yang melandasi kegiatan keterampilan berbicara dalam negosiasi, dan untuk mengetahui keterkaitan keterampilan berbicara dalam negosiasi.  Makalah ini dibuat dengan metode pengumpulan jurnal deskriptif, kualitatif, dan literature.


Keywords


Keterampilan berbicara, Negosiasi

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v1i3.1405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.