IMPLEMENTASI STRATEGI CRM DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PENGUSAHA RETAIL BAHAN BANGUNAN (Studi kasus : Setu, Bekasi)
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pesatnya pembangunan perumahan belakangan terus menggairahkan minat pengusaha retail bahan bangunan untuk menggarap peluang bisnis tersebut. Untuk tetap bertahan dan berkembang, selain strategi harga dengan memperkecil profit
yang didapat agar dappat bersaing dengan pengusaha retail bahan bangunan yang lain, menjual produk lebih banyak dari pesaing, perusahaan juga harus melakukan strategi manajemen hubungan dengan konsumen (Customer Relationship Management) yang merupakan kolaburasi antara strategi marketing, komunikasi dan sistem informasi. Dengan metode deskriptif dan data yang didapat dari konsumen dan pengusaha retail bahan bangunan di Setu Bekasi, didapatkan hasil bahwa implementasi strategi CRM dalam menjalankan bisnis khususnya bisnis retail bahan banguanan dengan tingkat persaingan yang cukup ketat merupakan hal yang mutlak untuk digunakan. Kemudahan dalam mencari informasi bagi konsumen sangat mendukung keberlanjutan bisnis. Hanya saja kenyataanya masih ada beberapa pengusaha retail bahan bangunan Setu Bekasi yang belum sepenuhnya mengimplementasikan strategi CRM tersebut. Oleh sebab itu edukasi dan penginformasi tentang pentingnya pelaksanaan CRM perlu disebar luaskan.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v1i3.1396
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.