KONTRIBUSI UMKM TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI ERA DIGITALISASI MELALUI PERAN PEMERINTAH
(1) STKIP PGRI Bangkalan
(*) Corresponding Author
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah memberikan kontribusi yang besar pada Pendapatan Domestic Bruto (PDB), penyerapan tenaga kerja, pendistribusian pendapatan masyarakat, pengentasan kemiskinan, serta pengurangan pengangguran yang kesemuanya ini akan berdampak pada sektor perekonomian bangsa. Permasalahan dalam pengembangan UMKM yang diklasifikasikan diantaranya, permasalahan permodalan, sumber daya manusia, pemasaran, pengembangan produk, serta tidak keseluruhan pelaku usaha yang familiar dengan pemasaran menggunakan media digital. Disini membutuhkan peran pemerintah sebagai pemangku kebijakan dan stabilisator perekonomian untuk memberikan beberapa program, kegiatan, pembinaan, pelatihan, dan pendampingan secara menyeluruh kepada seluruh lapisan pelaku usaha baik yang di kota maupun dipelosok supaya secara merata mendapatkan pembinaan pemerintah untuk tumbuh menjadi UMKM yang produktif dan memiliki daya saing dalam mengembangkan produk sebagai spesialisasi produk daerah masing-masing serta menjadi produk ekonomi kreatif unggulan bangsa. Pemerintah sebagai pemangku kebijakan perlu terus menstimulus pelaku usaha UMKM untuk terus mampu bertahan dan tumbuh menghadapi permasalahan internal dalam perkembangan UMKM maupun permasalahan dari luar yang tidak menutup kemungkinan terjadi seperti kondisi perekonomian bangsa dalam krisis perekonomian ataupun situasi bangsa yang berada di masa pandemi. Permasalahan dalam pengembangan UMKM serta kondisi perekonomian dan bangsa sangat memberikan sumbangsing yang signifikan terhadap perkembangan UMKM itu sendiri dan disini peran pemerintah dalam berbagai program, pembinaan, pendampingan, sangat dibutuhkan para pelaku UMKM untuk mampu bertahan dan terus berkembang dalam segala situasi untuk kontribusinya dalam perekonomian
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, T. (2015). Kewirausahaan Teori dan Penerapan pada Wirausaha dan UMKM di Indonesia. Mitra Wacana Media.
Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020). Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bertahan pada kondisi pandemik Covid-19 di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 139–146.
Anggraini, D. (2021). Kontribusi UMKM Sektor Pariwisata Pada Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Lampung 2020. Jurnal Ekombis Review Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(2).
Hamdani, H., Farmiati, J., & Munawir, M. (2021). Fasilitasi Akses Pembiayaan Bagi Pelaku Umkm Terdampak Covid -19 Di Banda Aceh. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (JPMN), 1(2), 13–22.
Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding, 9(1).
Ilmi, N. A. N. (2021). Peran UMKM Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran Masyarakat dan Strategi UMKM Ditengah Pandemi Covid -19. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(1), 96–107.
Kadeni & Srijani, N. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Equilibrium, 8(2).
Kasnelly, S., & Luthfi, H. A. (2021). Peranan Pemberdayaan UMKM Dalam Pemulihan Sosial Ekonomi Nasional. Prosiding Sembadha, 2, 351–355.
Mulyadi, M. (2018). Pelayanan Perizinan Terpadu Dalam Meningkatkan Investasi dan Pertumbuhan UMKM. Jurnal Hukum Mimbar Justitia Fakultas Hukum Universitas Suryakencana, 4(1), 112–127.
Novita,D & Wulandari, S. (2022). Pengaruh Media Sosial terhadap Peluang USaha Warga RT.04 Rw.08 Kelurahan Tugu Depok. Journal Of Applied Business And Economic (JABE), 8(1).
Nurlela & Haryono, S. (2022). Analisis Perumbuhan UMKM Pasca Pandemi Covid -19 di Kelurahan Tanjung Barat Jakarta Selatan. Sosiao E-Kons, 14(1), 38–44.
Pamungkas, F. et. a. (2022). Pengembangan Digitalisasi UMKM POKDARWIS Pasca Pandemi Covid -19. JurnalPengabdian Maysrakat Bantenese, 4(1).
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.
Sabilla,S & Wijayangka, C. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Pertumbuhan Usaha pada UMKM. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1).
Sarfiah, S, et. a. (2019). UMKM sebagai Pilar Pembangunan Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan).
Sari, E. R. (2016). Pengaruh Penyaluran Kredit UMKM terhadap Pertumbuhan UMKM di Indonesia dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional (Periode 2008-2012). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(2).
Setiawan, B. (2018). Edukasi E-Commerce Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 2(2).
Singgih, M. N. (2007). Strategi Penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sebagai Refleksi Pembelajaran Krisis Ekonomi Indonesia. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 3(3), 218–227.
Siregar, M., Siregar, N. A., Kartikaningsih, R., & Purnama, I. (2021). STRATEGI UMKM DI MASA PANDEMI COVID -19 DI RANTAUPRAPAT. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 1(3).
Sofyan, S. (2017). Peran UMKM dalam Perekonomi Indonesia. Bilancia., 11(1).
Suparyanto. (2013). Kewirausahaan Konsep dan Realita pada Usaha Kecil. Alfabeta.
Taufik, A. I. (2017). Evaluasi Regulasi Dalam Menciptakan Kemudahan Berusaha Bagi UMKM. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 6(3), 369–386.
Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid -19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 147–153.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v9i2.13703
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.