Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Kemampuan Belajar Ilmu Alamiah Dasar

Adi Permana(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan belajar ilmu alamiah dasar, mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan belajar ilmu alamiah dasar dan mengetahui pengaruh/ interaksi gaya belajar dan motivasi belajar terhadap kemampuan belajar ilmu alamiah dasar. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa universitas Indraprasta program studi pendidikan bahasa Indonesia. Sampel terdiri atas 84 mahasiswa yang dibagi ke dalam enam kelas penelitian yang masing terdiri atas 14 mahasiswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey Expose Facto dengan analisis Anova dua arah dengan desain faktorial 2x3. Hasil penelitian ini membuktikan terdapat pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan belajar ilmu alamiah dasar dibuktikan sig untuk gaya belajar 0,00 < 0,05. Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan belajar ilmu alamiah dasar dibuktikan sig untuk motivasi belajar 0,037 < 0,05. Terdapat pengaruh interaksi gaya belajar dan minat belajar siswa terhadap kemampuan belajar ilmu alamiah. Hal ini ditandai dengan nilai sig interaksi gaya belajar dan motivasi belajar siswa 0,002 < 0,05 dan didukung dengan perolehan nilai F hitung diamana Fhitung 6,87 > Ftabel 3,96.

Kata Kunci : Gaya Belajar, Motivasi, Kemampuan Belajar IAD, Pengaruh.


Full Text:

PDF

References


Ardana, Suhendar. 2008. Menakar Gaya Belajar Peserta Didik. Bandung: Tarsito

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Jasin, Maskoeri. 2012. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

M, Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Nasution. 2008. Didaktik Asas-asas Mengajar. Bandung: Jemmars.

Purwanto M, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Riduwan. 2008. Analisis Metode Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Setiawan, Ahmad.2003. Kiat-Kiat Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak. PT. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winkel. 2006. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i3.999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats