Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar Kelas 6

Ema Rahmawati(1*), Huri Suhendri(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan desain pembelajaran yang tepat dan sesuai bagi siswa Sekolah Dasar kelas 6. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan Model Pengembangan Instruksional (MPI). Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Pancoranmas Depok dengan tiga sekolah yang dijadikan sebagai tempat penelitian yaitu, SDN Rangkapan Jaya, SDN Mampang 1, dan SDN Mampang 3. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu: Tahap pertama dalam model MPI adalah tahap mengidentifikasi yang terdiri dari tiga langkah sebagai berikut: a. mengidentifikasi kebutuhan instruksional dan menulis tujuan instruksional umum; b. melakukan analisis instruksional; dan c. mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik. Tahap kedua adalah tahap mengembangkan yang terdiri dari empat langkah sebagai berikut: a. menulis tujuan instruksional khusus; b. menyusun alat penilaian hasil belajar; c. Menyusun strategi instrusional; dan d. mengembangkan bahan instruksional. Tahap ketiga, mengevaluasi dan merevisi yang terdiri dari satu langkah yaitu menyusun desain dan melaksanakan evaluasi formatif yang termasuk di dalamnya kegiatan merevisi bahan instruksional. Hasil penelitian pengembangan ini adalah tersusunnya bahan ajar yang efektif bagi siswa Sekolah Dasar kelas 6 pada mata pelajaran Matematika.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Desain Pembelajaran, Matematika SD.


Full Text:

PDF

References


Abdurahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Badan Pusat Statistik. 2010. Hasil Sensus Penduduk 2010.http://bps.go.id. Diakses 30 April 2016.

Hamzah dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Heruman. 2012. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. 2012. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Dan Pengembangan. Jakarta: KENCANA.

Suparman, Atwi. 2014. Desain Instruksional Modern Panduan ParaPengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga

Syamsuddin, Makmun Abin. 2009. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i3.991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats