Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Maya Nurfitriyanti(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this study was to determine effect of learning model project based learning to mathematic problem solving skills. This study was a quantitative research by eksperiment method. This study was doing in 2015 at one Senior High Schools in Bekasi Timur. Samples of this study were 70 students. Statistic test of this study using t test. The result of this study was there are effect of learning model project based learning to mathematic problem solving skills by t count was 3,87 and t table was 1,67.

 Keyword : mathematic problem solving skills, learning model project based learning.


Full Text:

PDF

References


Amaliah. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Unindra Press.

Eggen, P &Kauchak, D. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Hamzah dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Depok: Raja GrafindoPersada.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Jainuri. 2013. Pemecahan Masalah Matematika. http://panduanguru.com/pemecahan_masalah_matematika, diakses pada 12 Februari 2015.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Yarma Widya.

Kurniasih. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Nasution, A. H. 2008. Landasan Matematika. Jakarta: Bhatara Karya Aksara.

Ngalimun. 2013. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: AswajaPresindo

Putriari, Marinda Ditya. 2013. Keefektifan Project Based Learning Pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMK Materi Program Linear. Skripsi. http://lib.unnes.ac.id18796/4101409015.pdf, diakses pada 14 Februari 2015.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik. Jakarta: Bumi Aksara.

Siagian, Roida. 2012. Pengaruh minat dan kebiasaan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, Vol. 2 No.2: 125.

Siswono, T. Y. E. 2008. Proses berfikir kreatif peserta didik dalam memecahkan dan mengajukan masalah matematika. Jurnal Formatif, Vol. 15 No. 1: 62.

Siswanto. 2012. Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas vii Smp Negeri 14 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 4. No. 2. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bio/article/viewFile/1416/977, diakses pada 13 Januari 2015.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer: Common Text Book Edisi Revisi. Bandung: FTMIPA UPI.

Sulistyowati. 2013. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning (PBL). http://respository.uny.edu/6615/4/s_mtk_0805582_chapterl.pdf, diakses pada 01 Januari 2015.

Sumiati, dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: Wancana Prima.

Sutikno. 2014. Metode dan Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Suryadi, Didi. 2013. Pemecahan Masalah Matematika. http://didi-suryadi.staf.upi.edu/6342/4/Bab-4-Pemecahan-Masalah-Matematika.pdf, diakses pada 01 Januari 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats