Kompetensi Tenaga Pendidik di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya

Leonard Leonard(1*)

(1) Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
(*) Corresponding Author

Abstract


Tenaga pendidik merupakan unsur terdepan yang menentukan kemajuan sebuah bangsa. Tenaga pendidik yang kompeten sangat menjamin perbaikan kualitas sumber daya manusia di sebuah negara, sehingga tidak berlebihan jika mengatakan bahwa guru memang harus memiliki kompetensi yang luar biasa. Akan tetapi, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa guru belum memiliki kompetensi yang memadai, terutama dalam hal mendesain pembelajaran, penelitian, dan juga penguasaan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Perlu solusi yang cermat untuk mengatasi permasalahan kompetensi guru, beberapa diantaranya adalah dengan memperbaiki sistem kurikulum perguruan tinggi, khususnya LPTK, sehingga dapat mengakomodasi kesenjangan yang dimiliki oleh guru. Selain itu, perlu diadakan berbagai model pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan para guru, serta dilaksanakan secara sistematik dan komprehensif, sehingga target yang diharapkan dapat menjadi kenyataan.


Full Text:

PDF

References


Chatib, M. 2014. Gurunya Manusia. Bandung: Mizan Pustaka.

Cheruvu, R. 2014. Focus on teacher as researcher: Teacher educators as teacher researchers: practicing what we teach. Childhood Education, 90 (3), 225-228.

Gunawan, H. 2011. Perguruan Tinggi Indonesia yang Terekam di Scopus. http://personal.fmipa.itb.ac.id/hgunawan/2011/06/21/ perguruan-tinggi-indonesia-yang-terekam-di-scopus/. Diunduh 18 Februari 2013, pukul 15.35 WIB.

Hammersley, M. 1993. On the teacher as researcher. Educational Action Research, 1 (3): 425-445.

Januszewski, A. & Molenda, M. 2008. Educational Technology. New York: Taylor & Francis Group.

Johnson, L.A. 2009. Teaching Outside the Box: How to Grab Your Students by Their Brains. Terjemah oleh Dani Dharyani: Pengajaran yang Kreatif dan Menarik. Jakarta: PT. Indeks.

Krishna, A. 2007. Self Empowerment- Seni Memberdaya Diri bagi Para Pendidik dan Pemimpin. Jakarta: Penebar Swadaya.

Selvi, K. 2010. Teachers’ competencies. Cultura- International Journal of Philosophy of Culture and Axiology, 7 (1): 167-175.

Souto-Manning, M. 2012. Teacher as researcher: Teacher action research in teacher education. Childhood Education, 88(1), 54-56.

Suhana, C. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats