Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Siklus Belajar “Model 7E” (Engage, Elicit, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend)

Mashudi Alamsyah(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII melalui penerapan siklus belajar “Model 7E” (Engage, Elicit, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend) di SMPN 241 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik penelitian tindakan kelas (class room action reseach), yaitu suatu tindakan yang dilakukan oleh Guru untuk memperbaiki pengajaran dengan cara melakukan perubahan dan mempelajari akibat dari perubahan itu. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah: tes akhir siklus, observasi Guru, observasi siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPA dengan penerapan siklus belajar model 7E (Engage, Elicit, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend) dalam proses belajar mengajar sangat sesuai dengan hasil belajar siswa sangat tinggi. Hasil yang diperoleh pada siklus I adalah 77,3%, kemudian diperbaiki pada siklus II, dengan hasil diperoleh adalah 80,2%. Sedangkan pada siklus III hasil yang diperoleh 88,0%. Hal ini menunjukkan kemajuan, dimana siswa telah mendapatkan hasil belajar yang baik dari siklus I sampai dengan siklus III.

 


Full Text:

PDF

References


Abdullah, 2010. The Action Research Planner (Third Edition). Victoria: Deakin University Pres.

Binadja, A. 2002. Hakekat dan Tujuan Pendidikan Dalam Kontek Kehidupan dan Pendidikan yang Ada. Makalah Seminar dan Lokakarya Nasional.

Eisenkraft. 2012. Model 7E (Engage, Elicit, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend). Jakarta: PT. Indeks.

Hamalik. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kusumah, Wijaya. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.

Mulyasa, E. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A. M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sharan, S. 2010. Cooperative learning in small groups: recent methods and effects on achievement, attitudes, and ethnic relations. Review of educational Research, 50, 241 – 258. [versi elektronik].

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suparwoto. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar. Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Supriyono. 2008. Siklus Belajar “Model 7E” (Engage, Elicit, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend). Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Trianto. 2009. Media Pembelajaran dan Penerapannya. Jakarta: Ciputat Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i2.420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats