The Influence of Learning Discipline, Anxiety, and Self-Efficacy through Critical Thinking Ability on the Mathematical Reasoning Ability of Eighth-Grade Students at UPTD SMPN 2 Barru
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agus, I. (2021). Hubungan antara efikasi diri dan kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 1–8.
Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh kemampuan penalaran, efikasi diri dan kemampuan memecahkan masalah terhadap penguasaan konsep matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44.
Arpin, H., Mirza, A., & Astuti, D. (2022). Pengaruh tingkat kecemasan matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(9), 1–10. Https://Jurnal.Untan.Ac.Id/Index.Php/Jpdpb/Article/View/11385
Artama, E. N. N., Amin, S. M., & Siswono, T. Y. E. (2021). Pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 34. Https://Doi.Org/10.26740/Jppms.V4n1.P34-40
Fadhilah, S. I., Zulkarnain, I., & Werdiningsih, C. E. (2022). Pengaruh kedisiplinan belajar dan berpikir kritis terhadap kemampuan penalaran matematis. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 493–500. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V3i3.158
Lestari, G. P., Zamzaili, & Haji, S. (2022). Pengaruh self efficacy, disposisi matematis, dan koneksi matematis terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Didactical Mathematics, 4(2), 399–412.
Melyana, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(3), 239–246.
Muhsana, N. & Diana, H. A. (2022). Pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan penalaran matematis berbasis soal PISA. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 10(1), 41–52.
Napitupulu, N. L., & Mevianti, A. (2023). Pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan penalaran matematika peserta didik. Journal of Instructional Development Research, 3(1), 27–36.
Nurussalamah, A., & Marlina, R. (2022). Kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari self-efficacy pada materi relasi dan fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1255–1268.
Rusma, E., & Setyaningrum, V. (2024). Hubungan kedisiplinan belajar dengan kemampuan penalaran matematis siswa materi bangun datar. J-Pimat : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1291–1302.
Simbolon, J. (2020). Penerapan metode layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(1), 2407–7437.
Werdiningsih, C. E. (2022). Pengaruh kedisiplinan belajar dan berpikir kritis terhadap kemampuan penalaran matematis. Jurnal Math-Umb.Edu, 10(1), 16–22.
Zafira, A., & Syaiful, H. (2023). Pengaruh kecemasan matematis dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 92–103.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v15i1.28865
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Publisher: Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
View My Stats