Increasing Teachers' Commitment to the Organization through Strengthening Self-Efficacy, Organizational Climate and Job Satisfaction
(1) 
(2) Universitas Pakuan
(3) Universitas Pakuan
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.Y.Hamali. (2018). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia: Academic, Mengelola Karyawan (Ke-3). Center For Academic Publishing Service.
Busro, M. (2020). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia (Ke-2). Prenadamedia Group.
Colquitt, J. A., Jeffery A. Lepine, & M. J. W. (2015). Organisational Behavior Improving Performance and Commitment in the Workplace. McGraw-Hill Education.
Dianarini, L., Sunaryo, W., & Wulandari, D. (2022). Peningkatan employee engagement melalui penguatan kepemimpinan melayani dan kepribadian. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 055–060. https://doi.org/10.33751/jmp.v10i1.5066
Dimas Surya Lesmana, Nana Darna, R. M. S. (2020). Pengaruh gaji dan keadilan organisasional terhadap kepuasan kerja pegawai (Suatu studi pada badan pengelolaan keuangan Daerah Kabupaten Ciamis). Business Management And Entrepreneurship Journal, 2(4), 168–182.
Efrilya, H. (2013). Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri 2 Kampar. Hersisca Efrilya Dellan PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH. 1–7. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i10.306
Erlina, T. (2019). Pengaruh iklim sekolah terhadap kepuasan kerja guru. Jurnal Wahana Pendidikan, 6 (2). https://doi.org/10.25157/wa.v6i2.2968
Fitrawati. (2017). Pengaruh pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dan supervisi kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru SMK Negeri di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 136. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3579
Handoko, T. H. (2013). Manajemen (Ke-2). BPFE Yogyakarta.
Hanun, F. (2013). Pengaruh efikasi diri, iklim kerja, dan motivasi berprestasi terhadap kinerja kepala madrasah (Survey di Madrasah Ibtidaiyah Kota Bekasi). Analisa, 20(1), 99. https://doi.org/10.18784/analisa.v20i1.9
Hofman, E. T. C. & M. H.-L. & D. B. & J. B. & A. (2012). Self-efficacy, job satisfaction, motivation and commitment: Exploring the relationships between indicators of teachers’ professional identity. European Journal of Psychology of Education, 27(1), 115–132. https://doi.org/10.1007/s10212-011-0069-2
Imelda. (2020). Studi korelasional antara motivasi kerja dan iklim organisasi dengan produktivitas kerja guru. Pedagogia, 18(1), 27–41. https://doi.org/10.17509/pdgia.v18i1.23660
Imran. (2021). Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri ( Uin ) Sumaterautara Medan.
Irwani, T. (2017). Kepuasan kerja guru sekolah dasar dalam Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik, Volume 4(1), 65.
Kerlinger. Fred N. 2004. Asas-asas Penelitian Behavioral, Yogyakarta: Universitas Gadjahmada
Keskes, I. (2014). Relationship between leadership styles and dimensions of employee organizational commitment: A critical review and discussion of future directions. http://dx.doi.org/10.3926/ic.476
Khayati, N., & Sarjana, S. (2015). Efikasi diri dan kreativitas menciptakan inovasi guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(3), 243. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i3.189
Lagonah, S., & Pio, Rianoe, M. K. (2013). Pengaruh iklim organisasi dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja pegawai kantor Pertanahan Kota Manado. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Lestari A, Hidayat Nandang, P. K. . (2018). Organisasi dengan produktivitas kerja guru guru SDN Sukadamai 2, Bogor, Jawa Barat. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 672–682.
Luthans, F. (2012). Organizational behavior an evidence-based approach 12th edition. In Organizational behavior: an edivence-based approach.
Mangkunegara, A. A. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia (ke-10). PT. Remaja Rosdakarya.
Maretha, S., Hidayat, N., & Hidayat, R. (2021). Peningkatan efektivitas kerja guru melalui penguatan kompetensi pedagogik dan iklim organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 53–59. https://doi.org/10.33751/jmp.v9i1.3368
Maria, E. (2021). Kontribusi komunikasi interpersonal dan iklim organisasi terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja sebagai variabel mediator pada PT. Maju Sejahtera Lestari, Jurnal Ilmiah Methonomi, 7 (1).
Nur, M. A. (2021). Pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika melalui keterlibatan belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bulukumba. Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya, 2(1), 1–10.
Nurhikmah, H., Ima, & Lestari, H. (2021). Hubungan efikasi diri dengan kreatifitas kerja guru pegawai negeri sipil (pns) sekolah dasar negeri se-Kecamatan Cibungbulang. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 10. https://doi.org/10.17467/jdi.v3i1.289
Oktapiani, R. (2018). Kompensasi dan iklim organisasi sekolah terhadap kepuasan kerja guru sekolah dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 140–149. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11580
Prasada, D., Sunarsi, D., & Teriyan, A. (2020). Pengaruh etos kerja dan kompensasi terhadap komitmen organisasi pada DHL Logistic di Jakarta. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 4(1), 51. https://doi.org/10.32493/jjsdm.v4i1.6787
Robbins, S. P. & T. A. J. (2019). Perilaku Organisasi (Kedelapan). Salemba Empat.
Robbins, S. P. (2015). Perilaku Organisasi (ke-16). Salemba Empat.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2014). Essentials of Organizational Behavior 12th edition.
Saepudin, U., & Djati, S. P. (2019). Pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (OCB) guru dengan komitmen. Jurnal Ilmiah Bisnis, 2(1), 123–136.
Sari, R. P. (2017). Pengaruh iklim organisasi dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi (Studi pada perawat RSIA Eria Bunda Pekanbaru). Jom Fisip, 4(2), 1–10.
Sartana, F., Entang, M., Patras, Y. E., & Harijanto, S. (2020). Peningkatan kreativitas kerja guru dengan memperbaiki budaya organisasi dan efikasi diri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 41–45. https://doi.org/10.33751/jmp.v8i1.1964
Schneider, B., Ehrhart, M. G., & MacEy, W. H. (2013). Organizational climate and culture. Annual Review of Psychology, 64, 361–388. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-113011-143809
Septian Ragil Anandita, Zulfatul Choiriyah, W. M. (2021). Pengaruh iklim organisasi dan komunikasi terhadap kepuasan kerja (Studi pada SMK Kreatif Hasbullah Bahrul Ulum). Jurnal Informasi Pendidikan, 2 (3).
Setyaningsih, S. (2020). Penguatan Sumber Daya Manusia Pendidikan melalui Analisis Jalur (Path Analisys) dan Metode Sitorem (Kesatu). Alfabeta.
Sudrajat, S. Setiyaningsih, E. S. et. al. (2020). Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Pengembangan. 08(2), 70–73.
Sugiarto, I. (2018). Organizational climate, organizational commitment, job satisfaction, and employee performance. Diponegoro International Journal of Business, 1(2), 112. https://doi.org/10.14710/dijb.1.2.2018.112-120
Sunardi, S., Sunaryo, W., & Laihad, G. H. (2019). Peningkatan keinovatifan melalui pengembangan kepemimpinan transformasional dan efikasi diri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 740–747. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i1.959
Suparyadi, S. (2016). Manajemen Sumber Daya. Andi Publisher.
Sutrisno, E. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia (Ketujuh). Salemba Empat.
Ta, S. (2017). The Effect of Vocational High School Administrators ’ Leadership Behaviors on Teacher Job Satisfaction. 5(11), 2092–2100. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.051126
Wibowo. (2015). Perilaku dalam Organisasi. RajaGrafindo Persada.
Wiryanti, D. (2021). Pengaruh efikasi diri, kepuasan kerja, pengembangan karir terhadap perilaku kewargaan organisasional pada guru SMK/SMA di Kota Depok. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i10.301
Yanti, S. R. dan N. (2018). Pengaruh komitmen organisasi dan iklim organisasi terhadap kinerja karyawan dengan organizational citizenship behavior (OCB) sebagai variabel antara pada kantor dinas pendidikan Kota Padang. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(2), 10–27.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v14i2.27751
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Publisher: Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
View My Stats