Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kecerdasan Emosional
(1) Universitas of Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ajiji, A. 2012. Kelebihan dan Kekurangan Metode Jigsaw. http: //task-lecture.blogspot.com/2012/09/kelebihan-dan-kekurangan-metode-jigsaw.html (di unduh Jum’at 10 April 2015 11.10. WIB)
Anam, K. 2000. Implementasi Cooperatif Learning Adaptasi Model Jigsaw dan Field Study. Jakarta: Dirjen Dinasmen.
Agustina, L. 2011. Pengaruh penggunaan media visual dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1 (3), 236-246.
Budiningsih, A. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Maha Satya.
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi, A. K. 2013. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. https: //ayukusumadewi.wordpress.com/2013/02/08/pembelajaran-kooperatif-tipe-jigsaw/ (diunduh Rabu 7 Januari 2015 11.56 wib)
_____ . 2013. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. http: //laportadoradesuenos.blogspot.com/2014/09/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html (diunduh Rabu 7 Januari 2015 11.59 wib)
Gusniawati, M. 2015. Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap penguasaan konsep matematika di SMAN di kecamatan Kebon Jeruk. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5 (1), 26-41.
Jufri, A.W. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains dan Aplikasinya. Yogyakarta: Suka-P.
Mubayidh, M. 2006. Kecerdasan dan Kesehatan Emosional Anak. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Malau, J. 2014. Pembelajaran kooperaatif tipe jigsaw dalam pembelajaran fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4 (1), 1-10.
Nurdeni. 2011. Peningkatan hasil belajar matematika dalam menyelesaikan soal bilangan perkalian dan pembagian di kelas II SD. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1 (2): 257-261.
Sudjana, N. 2003. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Slavin, R. E. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2229
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
Publisher: Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
View My Stats