Peran Penguasaan Dasar Matematika dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mata Kuliah Kalkulus I
(1) Universitas of Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. 2012. Analisis kesalahan mahasiswa prodi pendidikan matematika fakultas tarbiyah IAIN Ar-Raniry dalam mata kuliah trigonometri dan kalkulus 1. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(1).
Abubakar, 2009. Persepsi Penumpang. FISIP UI. http: //lib.ui.ac.id/file?file=digital/128885-T%2026665-Persepsi%20penumpang-Metodologi.pdf
Agustina, L. 2016. Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 4 Sipirok kelas VII melalui pendekatan matematika realistik (PMR). Jurnal Eksakta, 1.
Anggi Ajeng, dkk. Modul Trigonometri. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.
Amaliah, NK. 2011. Penguasaan Dasar Matematika. http: //digilib.uinsby.ac.id/8796/2/bab1.pdf
Ratnadewi, dkk. 2013. Matematika Teknik. Bandung: Rekayasa Sains
Indriaty, N. 2013. Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Metode Mengajar, Kemandirian dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Mahasiswa Jurusan Akutansi Angkatan 2010 Universitas Maritim Raja Ali Haji. Jurnal.umrah.ac.id.
Latorre, Donald R., Kenelly, John W., Reed, Iris B., Biggers, Sherry. 2007. Calculus Concepts: An Applied Approach to the Mathematics of Change. Cengage Learning, p. 2, ISBN 0-618-78981-2, Chapter 1.
Mulyasa, E. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Murizal, A. 2012. Pemahaman konsep matematis dan model pembelajaran quantum teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 10-23.
Nurrahmah, A. 2015. Hubungan penguasaan perkalian dan pembagian dasar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP PMDS Putra Palopo. https: //www.academia.edu/25046494/HUBUNGAN_PENGUASAAN_ PERKALIAN_DAN_PEMBAGIAN_DASAR_TERHADAP_PRESTASI_BELAJAR_MATEMATIKA_SISWA_KELAS_VIII_SMP_PMDS_PUTRA_PALOPO. Jurnal Elemen, 1(1), 60.
Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sarwono, J. 2012. Mengenal SPSS Statistic 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sih Dewanti, S. 2012. Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Kalkulus I Ditinjau dari Gaya Belajar. Yogyakarta: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan kali Jaga.
Sunyoto, D. 2015. Teori Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: CAPS.
Supardi. 2012. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: PT Ufuk Publishing House.
Suweken, G. 2012. Eksplorasi mathlet dan kooperatif think pair share untuk meningkatkan kualitas perkuliahan MNASB. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(1).
Utari, V. 2012. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep melalui pendekatan PMR dalam pokok bahasan prisma dan limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33-38.
Wibowo. 2015. Perilaku dalam Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Unsri.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2226
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
Publisher: Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Statcounter View My Stats