Peran Penguasaan Dasar Matematika dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mata Kuliah Kalkulus I

Farah Indrawati(1*), Leny Hartati(2)

(1) Universitas of Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatar-belakangi oleh adanya penguasaan dasar matematika yang kurang, persepsi negatif mahasiswa terhadap mata kuliah kalkulus, kemampuan pemahaman konsep mata kuliah kalkulus yang kurang, serta adanya kenyataan nilai mata kuliah kalkulus yang tidak maksimal pada setiap tahunnya. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui besar pengaruh penguasaan dasar matematika dan persepsi mahasiswa secara bersama terhadap kemampuan pemahaman konsep mata kuliah kalkulus. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa program studi pendidikan matematika UNINDRA semester 3, tahun ajaran 2016 / 2017, dengan jumlah sampel 92 orang mahasiswa dari jumlah populasi 119 orang mahasiswa. Jumlah sampel penelitian diperoleh dari rumus Slovin dan diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Pengolahan data penelitian dilakukan dengan komputer menggunakan program SPSS 20 - regresi ganda. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk penguasaan dasar matematika yang berjumlah 15 butir, tes kemampuan pemahaman konsep mata kuliah kalkulus 1 berjumlah 5 butir, serta instrumen non-tes berupa pernyataan untuk instrumen persepsi mahasiswa yang berjumlah 30 butir. Tes penguasaan dasar matematika yang berjumlah 15 butir tersebut terdiri dari 5 butir instrumen tes aljabar, 5 butir instrumen tes trigonometri dan 5 butir instrumen tes geometri. Hasil pengolahan data menghasilkan persamaan regresi ganda Y = - 4,313 + 0,086 X1 + 0,145 X2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari penguasaan dasar matematika dan persepsi mahasiswa terhadap kemampuan pemahaman konsep mata kuliah kalkulus 1. Hal tersebut dapat dikatakan juga bahwa penguasaan dasar matematika dan persepsi mahasiswa tidak berperan dalam kemampuan pemahaman konsep mata kuliah kalkulus 1.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. 2012. Analisis kesalahan mahasiswa prodi pendidikan matematika fakultas tarbiyah IAIN Ar-Raniry dalam mata kuliah trigonometri dan kalkulus 1. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(1).

Abubakar, 2009. Persepsi Penumpang. FISIP UI. http: //lib.ui.ac.id/file?file=digital/128885-T%2026665-Persepsi%20penumpang-Metodologi.pdf

Agustina, L. 2016. Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 4 Sipirok kelas VII melalui pendekatan matematika realistik (PMR). Jurnal Eksakta, 1.

Anggi Ajeng, dkk. Modul Trigonometri. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Amaliah, NK. 2011. Penguasaan Dasar Matematika. http: //digilib.uinsby.ac.id/8796/2/bab1.pdf

Ratnadewi, dkk. 2013. Matematika Teknik. Bandung: Rekayasa Sains

Indriaty, N. 2013. Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Metode Mengajar, Kemandirian dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Mahasiswa Jurusan Akutansi Angkatan 2010 Universitas Maritim Raja Ali Haji. Jurnal.umrah.ac.id.

Latorre, Donald R., Kenelly, John W., Reed, Iris B., Biggers, Sherry. 2007. Calculus Concepts: An Applied Approach to the Mathematics of Change. Cengage Learning, p. 2, ISBN 0-618-78981-2, Chapter 1.

Mulyasa, E. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Murizal, A. 2012. Pemahaman konsep matematis dan model pembelajaran quantum teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 10-23.

Nurrahmah, A. 2015. Hubungan penguasaan perkalian dan pembagian dasar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP PMDS Putra Palopo. https: //www.academia.edu/25046494/HUBUNGAN_PENGUASAAN_ PERKALIAN_DAN_PEMBAGIAN_DASAR_TERHADAP_PRESTASI_BELAJAR_MATEMATIKA_SISWA_KELAS_VIII_SMP_PMDS_PUTRA_PALOPO. Jurnal Elemen, 1(1), 60.

Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sarwono, J. 2012. Mengenal SPSS Statistic 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sih Dewanti, S. 2012. Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Kalkulus I Ditinjau dari Gaya Belajar. Yogyakarta: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan kali Jaga.

Sunyoto, D. 2015. Teori Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: CAPS.

Supardi. 2012. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: PT Ufuk Publishing House.

Suweken, G. 2012. Eksplorasi mathlet dan kooperatif think pair share untuk meningkatkan kualitas perkuliahan MNASB. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(1).

Utari, V. 2012. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep melalui pendekatan PMR dalam pokok bahasan prisma dan limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33-38.

Wibowo. 2015. Perilaku dalam Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Unsri.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Statcounter View My Stats