Meta-analysis of the Effect of STEM-Based Integrated Science E-books on Students' Scientific Literacy
(1) Padang State University
(2) Padang State University
(3) Padang State University
(4) Padang State University
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, L., Widodo, W., & Purnomo, A. R. (2019). Penggunaan Interactive E-Book IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Materi Energi dan Metabolisme Sel. E-Jurnal Pensa, 7(2), 268273.
Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 18. Retrieved from http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1776/1/621-Article Text-1614-1-10-20200503.pdf
Aydin, A., & Aytekin, C. (2018). Teaching Materials Development and Meeting the Needs of the Subject: A Sample Application. International Education Studies, 11(8), 2738.
Banila, L., Lestari, H., & Siskandar, R. (2021). Penerapan blended learning dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi di masa pandemi covid-19. Journal of Biology Learning, 3(1), 25. Retrieved from https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1348
Depdiknas. 2011. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas
Hanikah, H., Faiz, A., Nurhabibah, P., & Wardani, M. A. (2022). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Ebook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 73527359. Retrieved from https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3503
Hayati, N., & Afrizon, R. (2019). Dampak buku ajar IPA terpadu bermuatan literasi saintifik tema kesehatan pencernaan dalam model pembelajaran kontekstual adaptif pada hasil belajar siswa kelas . Pillar of Physics Education, 12(1), 185192. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/4935%0Ahttp://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/viewFile/4935/3258
Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan Lingkungan: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 131. Retrieved from https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.682
Izzah, N., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2021). Meta Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar IPA dan Fisika Berbasis STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 114. Retrieved from https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3495
Jowsey, T., Foster, G., Cooper-Ioelu, P., & Jacobs, S. (2020). Blended learning via distance in pre-registration nursing education: A scoping review. Nurse Education in Practice, 102775.
Ling, L. S., Pang, V., & Lajium, D. (2019). The planning of integrated STEM education based on standards and contextual issues of Sustainable Development Goals (SDG). Journal of Nusantara Studies (JONUS), 4(1), 300315.
Mardianti, F., Yulkifli, Y., & Asrizal, A. (2020). Metaanalisis Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Literasi Saintifik. Sainstek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 12(2), 91100.
Marsya, A., Yuniasti, A., & Wulandari, R. (2022). Efektivitas Pendekatan Stem Pada Materi Pesawat, 5(1), 135141.
Martha, Z. D., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-book berbasis Mobile learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 109114.
Mukharomah, F., Wiyanto, W., & Putra, N. M. D. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Fisika Siswa SMA Pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(1), 1121.
Mulyati, K., Asrizal, C., & Renol, Y. (2019). 6614-13710-1-Pb, 12(3), 393400.
Ningkaula, T. A., Laliyo, L. A. R., Iyabu, H., & Abdullah, R. (2021). Dampak Model Discovery Learning Berpendekatan Stem Terhadap Pemahaman Konsep Hidrolisis Garam Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(2), 76. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.28871
Nurdiansah, I., Islami, F. H., & Nana. (2020). Penerapan model Poe2We terhadap pemahaman konsep fisika materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 1622.
Nurhafizah, Asrizal, & Ramli. (2018). Pengaruh Lembar Kerja Siswa IPA Terpadu Tema Gelombang dalam Kehidupan Mengintegrasikan Keterampilan Literasi Terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang Lulusan Program Studi Pendidikan Fisika , FMIPA Universitas Negeri Padang Staf Pengajar Jurusa. Pillar of Physics Education, 11(3), 145152.
Nurhayati, N., & Angraeni, L. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa (Higher Order Thinking) dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 119126. Retrieved from https://doi.org/10.21009/1.03201
Oktavia, R. (2018). Mathematics (Stem) untuk Mendukung Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal SEMESTA Pendidikan IPA, 5(2), 3236. Retrieved from http://semesta.ppj.unp.ac.id/index.php/semesta
Rahman, A. A. (2022). Integrasi Computational Thinking dalam Model EDP-STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 575590. Retrieved from https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.409
Rahmawati, G. S., Windyariani, S., & Suhendar, S. (2019). Pengaruh Model 3C3R Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Konsep Interaksi Mahluk Hidup Dengan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.24114/jpb.v8i2.13345
Rani, A. T. (2021). Implementasi E-Learning Menggunakan Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Literasi Sains di Tinjau dari Gender Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 1 Padang Cermin [PhD Thesis]. UIN Raden Intan Lampung.
Retnowati, S. (2020). The STEM Approach: The Development of Rectangular Module to Improve Critical Thinking Skill. International Online Journal of Education and Teaching, 7(1), 215.
Rini, C. P., Dwi Hartantri, S., & Amaliyah, A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Kompetensi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 166179. Retrieved from https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15320
Sakti, I., Nirwana, N., & Defianti, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Stem Pada Mata Kuliah Kajian Ipa-1 Materi Suhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa. Jurnal Kumparan Fisika, 5(2), 131140. Retrieved from https://doi.org/10.33369/jkf.5.2.131-140
Sari, D. P., Asrizal, Gusnedi, & Mufit, F. (2019). Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Sebelum Dan Sesudah Penggunaan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Saintifik Tema Pemanfaatan Tekanan Kelas VIII SMP N 31 Padang. FIllar of Physics Education, 12(3), 425432.
Suhadi, W., Asrizal, Yohandri, & Dewi, wahyu satria. (2019). Pengaruh Bahan Ajar IPA Tema Kesehatan Pernapasan dan Eksresi Manusia Mengintegrasikan Keterampilan Belajar Terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII DI SMPN 7 Padang Lulusan Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Padang, 12(3), 401408.
Tiruneh, D. T., De Cock, M., Weldeslassie, A. G., Elen, J., & Janssen, R. (2017). Measuring critical thinking in physics: Development and validation of a critical thinking test in electricity and magnetism. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(4), 663682.
Widayoko, A., Latifah, E., & Yuliati, L. (2018). Peningkatan Kompetensi Literasi Saintifik Siswa SMA dengan Bahan Ajar Terintegrasi STEM pada Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 14631467. Retrieved from http://e-resources.perpusnas.go.id:2048/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=edsdoj&AN=edsdoj.701db669f0704bb59829794690155d0a&site=eds-live
Yulia, E., Asrizal, & Ramli. (2018). Pengaruh Bahan Ajar IPA Terpadu Tema Gelombang Dalam Kehidupan Bermuatan Literasi Era Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Pillar of Physics Education, 11(2), 113120. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/3301/2534
Yuliana, R., & Asrizal. (2019). Pengaruh Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Keterampilan Literasi Tema Gerak Dalam Kehidupan Sehari Hari Terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang. Pllar of Physics Education, 12(2), 121128.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v13i2.15654
Refbacks
- Meta-analysis of the Effect of STEM-Based Integrated Science E-books on Students' Scientific Literacy
- Meta-analysis of the Effect of STEM-Based Integrated Science E-books on Students' Scientific Literacy
- Meta-analysis of the Effect of STEM-Based Integrated Science E-books on Students' Scientific Literacy
- Meta-analysis of the Effect of STEM-Based Integrated Science E-books on Students' Scientific Literacy
Copyright (c) 2023 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
| Publisher: Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
View My Stats




