Perbandingan Efektifitas Metode Resource Based Learning dengan Metode Diskusi pada Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Ekosistem
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis adalah metode
eksperimen, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan Uji-t untuk uji beda rata-rata, yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Berdasarkan uji normalitas data kelas eksperimen dengan menggunakan rumus uji Liliefors didapat Lo < Ltabel (0.08 < 0.19), sedangkan kelas kontrol Lo < Ltabel (0.109 < 0.19), dari data tersebut dapat dinyatakan kedua kelas berdistribusi normal, sedangkan untuk uji homogenitas didapat Fhitung < Ftabel (1.13 < 2.165) adalah homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t didapatkan hasil Thitung > Ttabel (4.647 > 2.093), maka hipotesis H0 di tolak dan H1 diterima.Hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Biologi yang dilakukan dengan menggunakan metode Resource Based Learning untuk materi Ekosistem yang diajarkan terdapat perbedaan dengan menggunakan metode Diskusi pada matapelajaran Biologi materi Ekosistem kelas X MA Al-Khairiyah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amien, Muhammad. 1983. Peranan Kreativitas dalam Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Amin, Mohamad. 2009. Biologi SMA/MA Kelas X. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Bahri Djamarah, Syaiful. 1997. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyanta, Hari. 2011. Pengertian Hasil Belajar Biologi. Dalam http: //dasarteori.blogspot.com/ 2011/ 08/ pengertian- hasil- belajar- biologi.html. Di Akses pada Tanggal 23 Mei 2012.
Degeng dan Nyoman Sudana. 1998. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta.
Departemen P&K Dirjen Dikti. Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ferdinand, Fictor dan Moekti Ariebowo. 2009. Praktis Belajar Biologi 1. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Jurnal Formatif 4(3): 174-180, 2014
Hasanah, Siti dan Suparman. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.
Hasibuan dan Moedjiono. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda.
Ihsan, Fuad. 1996. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Indriyanto.2006. Ekologi Hutan. Jakarta: Bumi Aksara.
James, Popham W., dan Eva L. Baker. 2008. Teknik Mengajar secara Sistematis. Jakarta: Rineka Cipta.
Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda.
Margono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Munadi, Yudhi dan Farida Hamid. 2011. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Nasution. 2009. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Novel, Sinta Sasika. 2010. Rangkuman Biologi SMA. Jakarta: Transmedia.
Odum, E. HLM. 1993. Dasar-Dasar Ekologi. Terjemahan oleh Tjahjono Samingan dari buku Fundamentals of Ecology. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Priadi, Arif. 2009. Biology 1 for Senior High School. Jakarta: Yudhistira.
Riyadi, Pawit. 2011. Hakikat Pembelajaran Biologi. Dalam http:
//pawitriyadi87.blogspot.com/2011/12/hakikat-pembelajaran biologi. html. Di Akses pada Tanggal 23 Mei 2012.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sadiman, Arief, Anung Haryono Rahardjo dan Hardjito. 1986. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.
Safari. 2008. Analisis Butir Soal. Jakarta: Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI).
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Setiadi, Y. 1983. Pengertian Dasar tentang Konsep Ekosistem. Bogor: Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor.
Slameto. 1998. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.
Subana. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Soemarwoto, E. 1983. Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Jakarta: Penerbit Djambatan.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosda.
Supardi. 2012. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Press.
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Susilo, Herawati. 2004. Materi Pokok Kapita Selekta Pembelajaran Biologi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Syamsuri, Istamar.2004. Biologi SMA X. Jakarta: Erlangga.
Widarti, Sri. 2006. Strategi Meningkatkan Kreatifitas Mendesain Busana Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Resource Based Learning. Yogyakarta: Majalah Ilmiah Pembelajaran.
Widayati, Sri. 2009. Biologi SMA X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v4i3.152
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
Publisher: Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
View My Stats