Efektifitas Penggunaan Media ICT dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika
(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
yaitu untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas dari penggunaan media ICT terhadap pemahaman konsep matematika bagi peserta didik SDN. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan mengambil sampel sebanyak 4 (empat) SDN dari 29 SDN yang ada. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan software SPSS 13.0 for windows pada taraf signifikansi 0,05. Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan utama, yaitu ; pertama,
terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media ICT terhadap pemahaman konsep matematika karena didapatkan nilai thitung sebesar 1,967 lebih besar dari ttabel yaitu 1,960 dengan Sig. 0,794 > ? (0,05); kedua, media ICT efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik karena didapatkan nilai effect size sebesar 0,328.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmadi. 2007. Pemanfaatan Program Power Point dalam Pembelajaran
Matematika terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa.
Artikel pendidikan network. re-searchengines.com/darmadi1207.html. diakses:
/03/2013
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamanah & Zaid. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
E.T. Ruseffendi, 1990. Pengajaran Matematika Modern. Bandung: Tarsito.
Gawatri, dkk. 2004. Matematika untuk Tingkat I SMK. Jakarta: Yudhistira.
Hamalik, Oemar. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Harsanto, Radon. 2006. Pengelolaan Kelas Yang Dinamis. Jakarta: Grasindo.
Hudoyo. 1996. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
Muhibbin, Syah. 1997. Psikologi Pendekatan dengan Pendekatan Baru. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif
dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ridwan, Sunarto H. 2007. Pengantar Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rostiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ruseffendi, ET. 1980. Pengajaran Matematika Modern Untuk Orangtua, Murid,
Guru dan SPG. Bandung: Tarsito
Sadiman. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Suciati, dkk. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Sukmadinata, N.S. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Surapranata, S. 2006. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes
Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suratman, D. & Edi Tandililing. 2006. Efektifitas Pendekatan Reduksi Didaktik
dalam Perkuliahan Geometri Analitik Datar dan Ruang (Gad / Gar) di
Program Studi Matematika FKIP Untan. (proseding seminar ppd 2006 forum
heds bidang ilmu pendidikan). Pontianak: Tidak diterbitkan.
Suriasumantri, Jujus S. 2009. Filsafat Ilmu (Sebuah Pengantar Populer). Jakarta:
Pustaka Sinar Harapan.
Tim Penyusun. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Uyanto, S. S. 2006. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.102
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2012 Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
Publisher: Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
View My Stats