Efektifitas Penggunaan Media ICT dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika
(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
yaitu untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas dari penggunaan media ICT terhadappemahaman konsep matematika bagi peserta didik SDN. Penelitian ini menggunakanmetode kuasi eksperimen dengan mengambil sampel sebanyak 4 (empat) SDN dari 29 SDNyang ada. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan software SPSS 13.0 for windowspada taraf signifikansi 0,05. Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan utama, yaitu ; pertama,
terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media ICT terhadap pemahamankonsep matematika karena didapatkan nilai thitung sebesar 1,967 lebih besar dari ttabel yaitu1,960 dengan Sig. 0,794 > ? (0,05); kedua, media ICT efektif dalam meningkatkanpemahaman konsep matematika peserta didik karena didapatkan nilai effect size sebesar 0,328.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmadi. 2007. Pemanfaatan Program Power Point dalam Pembelajaran
Matematika terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa.
Artikel pendidikan network. re-searchengines.com/darmadi1207.html. diakses:
/03/2013
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamanah & Zaid. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
E.T. Ruseffendi, 1990. Pengajaran Matematika Modern. Bandung: Tarsito.
Gawatri, dkk. 2004. Matematika untuk Tingkat I SMK. Jakarta: Yudhistira.
Hamalik, Oemar. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Harsanto, Radon. 2006. Pengelolaan Kelas Yang Dinamis. Jakarta: Grasindo.
Hudoyo. 1996. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
Muhibbin, Syah. 1997. Psikologi Pendekatan dengan Pendekatan Baru. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif
dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ridwan, Sunarto H. 2007. Pengantar Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rostiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ruseffendi, ET. 1980. Pengajaran Matematika Modern Untuk Orangtua, Murid,
Guru dan SPG. Bandung: Tarsito
Sadiman. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Suciati, dkk. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Sukmadinata, N.S. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Surapranata, S. 2006. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes
Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suratman, D. & Edi Tandililing. 2006. Efektifitas Pendekatan Reduksi Didaktik
dalam Perkuliahan Geometri Analitik Datar dan Ruang (Gad / Gar) di
Program Studi Matematika FKIP Untan. (proseding seminar ppd 2006 forum
heds bidang ilmu pendidikan). Pontianak: Tidak diterbitkan.
Suriasumantri, Jujus S. 2009. Filsafat Ilmu (Sebuah Pengantar Populer). Jakarta:
Pustaka Sinar Harapan.
Tim Penyusun. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Uyanto, S. S. 2006. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.102
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2012 Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
| Publisher: Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
View My Stats




