KAJIAN EFEKTIVITAS PENERAPAN E-LIBRARY : STUDI KASUS PERPUSTAKAAN NASIONAL RI
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Perkembangan Information and Communication Technology (ICT) menuntut perkembangan dunia perpustakaan untuk memberikan pelayanan yang lebih memuaskan kepada penggunanya. Perpustakaan Nasional RI menyediakan layanan perpustakaan digital (e-library) untuk mempermudah pengguna perpustakaan dalam mencari literatur. Perpustakaan Nasional RI selama ini berasumsi bahwa pelaksanaan sistem e-library sudah berjalan efektif, sehingga perlu dilakukan evaluasi/penelitian untuk mengukur efektivitas penerapan e-library dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas penerapan e-library di Perpustakaan Nasional RI. Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat efektivitas penerapan e-library. Pengukuran efektivitas sistem e-library menggunakan Teori Kesuksesan Information System Succes Model DeLone and McLean 2003. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna perpustakaan digital yang ada di Perpustakaan Nasional RI. Data primer diambil dari survey lapangan, yaitu melaksanakan pengamatan,wawancara dan menyebar kuesioner terhadap sampel yang dipilih dengan menggunakan Metode Purposive Sampling, sedangkan data sekunder menggunakan literatur sebagai pendukung teori. Pengolahan data dan analisis menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling)/Pemodelan Persamaan Struktural, dengan menggunakan software statistik AMOS (Analysis Moment Of Structural) versi 21. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa penerapan sistem e-library di Perpustakaan Nasional RI sudah berjalan efektif dengan garis variabel Kualitas Informasi (KI) dan Kualitas Pelayanan (KL) terhadap Kepuasan Pengguna (KP); Kepuasan Pengguna (KP) terhadap Manfaat Bersih (MB). Artinya Kualitas Informasi (KI) dan Kualitas Pelayanan (KL) secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kepuasan Pengguna (KP), Kepuasan Pengguna (KP) berpengaruh terhadap Manfaat Bersih (MB).
Kata Kunci : Efektivitas, E-library, DeLone and McLean, SEM, AMOS
Full Text:
PDFReferences
Aritonang 2005Aritonang R. Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama, 2005.
DeLone 1992 DeLone, William H. dan Ephraim R. McLean, Information Systems Success: The Quest for the Dependent Variable, The Institute of Management Sciences, 1992.
DeLone 2003 __________________ .The DeLone and McLean Model of Information System Success: A Ten-Year Update, Journal of Management Information Systems, M.E. Sharpe, Inc, 2003.
Ghozali 2008 Ghozali, Imam, Model Persamaan Struktur : Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 16.0. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2008.
Iivary 2005 Iivary, Juhani, An Empirical Test of the DeLone-McLean Model of Information Systems Succes, The Database for Advances in Information Systems, ProQuest Computing, 2005.
Joreskog 1967 Joreskog K. G., Some Contribution to Maximum Likelihood Factor Analysis, Psikometrica, 1967.
Juansyah2013http://juansyah.wordpress.com/2013/03/30/pengertian-perpustakaan-digital-digital-library-e-library/ (Diakses 5 November 2014)
Leavitt 1958 Leavitt, H. & Whisler, T., Management in the 1980’s. Harvard Bussiness Review, 1958.
Radityo 2007 Radityo, Dody, Pengujian Model DeLone and McLean dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen (Kajian Sebuah Kasus), Simposium Nasional Akuntansi X Makasar : Universitas Hasanudin, 2007.
Ramezan 2010 Ramezan, Majid,Measuring the Effectiveness of Human Resource Information System in National Iranian Oil Company: An Empirical Assessment, Iran University of Science and Technology, Tehran, Iran, 2010.
Santoso 2011 ___________________ .Structural Equation Modeling – Konsep dan Aplikasi dengan AMOS 18, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo, 2011.
Seddon 1999 Seddon, Peter B., and Staples, Sandy, and Patnayakuni, Ravi, and Bowtell, Matthew, Dimensions of Information Systems Succes, Vol.2, Article 20, Nov,1999.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v9i3.811
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.