Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Tiket Kereta api Daring

Dewi Indah Prastuti(1*), Yuli Karyanti(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini tentang analisis pengaruh elerctronic word of mouth (e-WOM) dengan variabel intensitas (X1), konten (X2), pendapat positif (X3), pendapat negatif (X4) terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring. Penelitian bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh secara parsial intensitas terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring; (2) mengetahui pengaruh secara parsial konten terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring; (3) mengetahui pengaruh secara parsial pendapat positif terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring; (4) mengetahui pengaruh secara parsial pendapat negatif terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring; (5) mengetahui pengaruh secara simultan intensitas, konten, pendapat positif dan pendapat negatif terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik sampel simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner yang dibagikan daring melalui media sosial kepada konsumen transportasi kereta api wilayah kereta Pulau Jawa dibulan Januari 2019 – September 2019 yang pernah membeli tiket kereta api daring sebanyak 400 sampel. Analisis data dengan regresi linear berganda, yaitu uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan : (1) secara parsial intensitas tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring dibuktikan dengan nilai thitung -0,984 < nilai ttabel 1,965 dan nilai Sig. 0,326 > 0,05; (2) secara parsial konten berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring dibuktikan dengan nilai thitung 5,703 > nilai ttabel 1,965 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05; (3) secara parsial pendapat positif berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring dibuktikan dengan nilai thitung 4,893 > nilai ttabel 1,965 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05; (4) secara parsial pendapat negatif tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring dibuktikan dengan nilai thitung 1,810 < nilai ttabel 1,965 dan nilai Sig. 0,071 > 0,05; (5) secara simultan intensitas, konten, pendapat positif dan pendapat negatif berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring dibuktikan dengan nilai Fhitung 23,784 > Ftabel 2,394 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Badan Pusat Statistik (BPS), "Jumlah Penumpang Kereta Api," PT Kereta Api Indonesia, 2006-2019. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/815. [Accessed 19 Oktober 2019].

Kotler, P. & Keller, K.L, Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12, Jakarta: Erlangga, 2012.

Sari, Vivi Endah, "PENGARUH E-WOM, LIFESTYLE, KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TICKET ONLINE BOOKING PADA SITUS TRAVELOKA.COM DI PONOROGO (STUDI KASUS PEMBELIAN TIKET PESAWAT DAN KERETA API)," eJournal Administrasi Bisnis, vol. 7, no. 4, pp. 474-487, 2019.

Febiana, D., Kumadji, S., dan Sunarti., "Pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian," Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) UB, vol. 16, no. 1, 2014.

Hariono, Lavenia, "APAKAH E-WOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH) BISA MENGALAHKAN WOM (WORD OF MOUTH) DALAM MEMPENGARUHI PENJUALAN PRODUK KULINER," Kompetensi, vol. 12, no. 1, pp. 12-23, 2018.

Hanifati, Ulfa Mustikarini dan Samiono, Bambang Eko, "Analisis pengaruh website quality dan e-WOM terhadap purchase decision melalui online trust pada situs tiket travel dan reservasi hotel online di Indonesia," Jurnal Transformasi, vol. 17, no. 1, 2018.

Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., and Marticotte, F, "e-WOM Scale: Word of Mouth Measurement Scale for e-Services Context," Canadian Journal of Administrative Sciences, vol. 27, no. 1, pp. 5-23, 2010.

Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie, Perilaku Konsumen, Jakarta: PT. Indeks, 2014.

Sahetapy, Joefer Pratama, "Diferensiasi Produk, Strategi Merek, Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Meubel UD Sinar Sakti Manado," Jurnal Manajemen, vol. 1, no. 3, pp. 411-420, 2013.

Ferdinand, A., Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2017.

Sujarweni, V. Wiratna, SPSS untuk Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v13i3.7071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

template doaj grammarly tools mendeley crossref SINTA sinta faktor exacta   Garuda Garuda Garuda Garuda Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index