Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto untuk Menentukan Kualitas Proposal Layak Hibah

Abdul Haris(1*)

(1) Sekolah Tinggi Teknik PLN
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu aplikasi pengajuan proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat guna mempermudah proses pangajuan, monitoring dan evaluasi prosposal penelitian dengan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto, metode ini cukup mampu untuk untuk memetaka kualitas proposal yang layak hiba berdasarka katogori yang telah ditetapkan. Selain itu Aplikasi dibuat untuk memperbaiki proses yang masih konvensional menjadi proses yang terkompterisasi dari proses pengajuan sampai pada proses pelaporan selain itu juga mempermudah para reviewer untuk untuk memeriksa proposal dan laporan serta membantu pihak-pihak yang terkait. Dari hasil pengujian penerapan metode Tsukamoto pada aplikasi ini mengahasilkan akurasi yang cukup baik dengan tingkat kesalahan yang rendah namun perlu ada pengukuran pembanding dengan penggunakan metode lain.

Full Text:

PDF

References


Pangestika, W. W. (2016). Sistem Informasi Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M) Internal Pada Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STT-PLN. Jakarta.

Muflich, F. (2011). Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Web Utnuk Pengolahan Data Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M) Di Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret.

Haris, Abdul, Syahra, T. (2015). Implementasi Sistem Layanan Informasi Akademik Terintegrasi Web [Studi Kasus: Smk Teknologi Plus Padjadjaran Sukabumi]. Jurnal Teknik, 3, 111–131.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v12i1.3458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

DOAJ faktor exacta Garuda ISSN BRIN sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index