Analisis dan Perancangan E-Commerce Business to Consumer (B2c) dengan Menggunakan Metode Square

Fiqih Ismawan(1*), Abdul Mufti(2), Bondan Dwi Hatmoko(3)

(1) Indraprasta of PGRI University
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat yang membuat semua orang ketergantungan dengan teknologi informasi yang dapat mendukung semua aspek kehidupan dalam menunjang kinerja operasional dan memberikan keuntungan yang sangat baik bagi penggunanya. Selain itu penggunaan teknologi informasi juga dapat memberikan kekuatan terhadap persaingan bisnis bagi perusahaan. Teknologi informasi yang sedang banyak digunakan yaitu sistem aplikasi berbasis website dan sistem aplikasi mobile phone. Hadirnya teknologi e-commerce membuat prosedur berdagang atau mekanisme jual-beli di internet semakin mudah dan praktis, dimana pembeli dan penjual dipertemukan di dunia maya dengan terhubung jaringan internet satu sama lainnya.  Dengan banyaknya pilihan sistem aplikasi e-commerce berbasis website dan sistem aplikasi mobile phone yang dapat digunakan dalam prosedur berdagang atau mekanisme jual-beli maka perlu diperhatikan bagaimana mekanisme keamanan data pembeli dan proses transaksi dapat dilakukan dalam satu sistem e-commerce. Permasalahan kemananan data costumer dan data transaksi sangatlah riskan serta berdampak luas terhadap  keamanan sistem aplikasi yang di rancang.  Penelitian ini diharapkan dapat membantu organisasi atau lembaga menjamin keamanan dan keberlangsungan sistem dan aplikasi khususnya sistem aplikasi e-commerce. Penelitian ini di bangun oleh metode System Quality Engineering Requirement (SQUARE) dalam menganalisis dan perancangan sistem aplikasi e-commerce Business to Costumer (B2C). Hasil dari penelitian ini berupa rancangan prototipe aplikasi e-commerce sesuai dengan proses analisis metode System Quality Engineering Requirement (SQUARE).

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Albaar, A. H. (2016) Komparasi Perangkat Lunak High - Fidelity Prototyping : Justinmind

dan Mockplus dalam Pengembangan Aplikasi Web dan Mobile E - government (Studi Kasus : LPSE). Universitas Islam Indonesia.

System Quality Requirements Engineering (SQUARE) Methodology: Case Study on Asset Management System (Peter Chen, Marjon Dean, Don Ojoko-Adams, Hassan Osman, Lilian Lopez, Nick Xie ; Nancy R. Mead, Advisor. Desember 2004)

Onno W Purbo dan Aang Arif Wahyudi. 2001. Mengenal E-commerce. Jakarta: Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v11i4.3145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

DOAJ faktor exacta Garuda ISSN BRIN sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index