PROTOTIPE SISTEM INFORMASI PEMASARAN DENGAN STRATEGI PIPELINE MANAGEMENT SPANCOP BERBASIS E- COMMERCE: STUDI KASUS PD TRADECO INTITAMA

BUDI SANTOSO(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Persaingan perusahaan yang semakin sengit dewasa ini, memerlukan strategi khusus dalam hal pemasaran. PD Tradeco Intitama sebagai perusahaan retail yang bergerak dibidang distribusi bahan bakar minyak mempunyai strategi pemasaran pipeline management SPANCOP (Suspect, Prospect, Approach, Negotiate, Close, Order, Payment), namun dalam penerapannya banyak kendala-kendala di lapangan. Untuk itu penulis melakukan penelitian, penelitian ini merupakan jenis penelitian terapan. Metode pengembangan sistem informasi menggunakan model prototype. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, data sampling, studi pustaka, dan wawancara terhadap sampel yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode yang digunakan dalam menganalisis dan merancang sistem adalah metode Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek menggunakan Unified Modelling Language (UML). Teknik pengujian sistem dengan pendekatan Blackbox testing/ Alpha dan Bheta. Hasil
dari penelitian berupa website “Sistem Informasi Pemasaran berbasis E-commerce”, yang diharapkan dapat mengimplementasikan strategi pipeline management SPANCOP secara mudah, sehingga dapat memberi manfaat yang lebih baik untuk perusahaan dalam hal pemasaran dan penjualan.
Kata kunci: Sistem Informasi Pemasaran, E-commerce, Pipeline Management
SPANCOP, Prototype, PenelitianTerapan, Blackbox Testing/ Alpha dan
Betha.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v7i3.275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




DOAJ faktor exacta Garuda ISSN BRIN sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index