Pola Pemanfaatan Permainan di Scientia Square Park Serpong Kasus : zona adventure playground

dian nugraha(1*)

(1) universitas indraprasta pgri
(*) Corresponding Author

Abstract


Usia anak merupakan usia keemasan karena anak dalam proses pengembangan baik pengembangan dalam fisik, intelektual, sosial maupun emosional. Taman Bermain merupakan salah satu sarana dalam membantu proses pengembangannya,karena didalam taman bermain anak dapat melakukan aktivitas fisik,intelektual maupun social dan emosional. 

Dalam taman bermain terdapat beberapa permainan, dimana permainan ini mempunyai karakter yang berbeda sehingga anak-anak dapat memilih jenis permainan yang disukai.  Dari jenis-jenis permainan yang . terdiri dari 4 jenis permainan yaitu lacer, home shesaw, double rock trail, slowly & twisa..ada, ada beberapa yang disukai oleh anak ini  dapat  terlihat dari pemanfaatan permainan yang sering digunakan

Melalui Peta Perilaku anak dalam pola pemanfaatan arena bermain merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini, peta perilaku digunakan untuk mengetahui secara natural perilaku apa saja dalam arena bermain yang timbul pada saat bermain. Suasana bermain yang aktif pada anak khususnya di Taman Bermain Scientia Park di Serpong . Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui Pola permainan apa saja yang banyak dimanfaatkan oleh anak-anak.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan melalui peta perilaku anak dalam menggunakan permainan, dari pengamatan ini diharapkan didapat hasil yang senatural mungkin tentang perilaku yang berhubungan langsung permainan yang digunakan. Dalam penelitian ini diharapkan menghasilkan masukan dalam penggadaan pola permainan yang disukai oleh anak.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Lang, Jon, Creating Architectural Theory : The Role of the Behavioral Sciences in Environmental Design, Van Nostrand Reinhold Company, 1987, New York,

Santoso, Djoko, Ir., MT.Ars, Catatan Kuliah Pada Mata Kuliah : Perilaku Manusia dan Lingkungan, Program Studi Magister Arstektur, Universitas Trisakti,

Sommer, Robert, A Practical Guide to a Behavioral Research : Tools and

Techniques, Oxford University Press, Inc. 1980, USA,

Snyder, James C, cs, Pengantar Arsitektur, Penerbit Erlangga, 1985, Jakarta,




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v11i2.2429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

DOAJ faktor exacta Garuda ISSN BRIN sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index