Pemanfaatan Chi Square dan Ensemble Tree Classifier pada Model SVM, KNN dan C4.5 dalam Penjualan Online
(1) Universitas Mercu Buana
(2) Universitas Mercu Buana
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
K. Indonesia, “UMKM Indonesia,” 2024. https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/.
P. L. G. Canggih Gumanky Farunik, “Tantangan dan Peluang Bisnis dalam Beradaptasi dengan Pasar Generasi Z,” J. Ekon. dan Biania, vol. 3, no. 1, pp. 487-496., 2023.
“Daftar UMKM Indonesia,” KEMENKOPUKM, 2024. https://umkm.depkop.go.id/.
A. Yuliani, “Kemenkop UKM: 3,79 Juta UMKM Sudah Go Online,” KOMINFO. https://www.kominfo.go.id/content/detail/11526/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online/0/sorotan_media.
UMKM, “Peningkatan Jumlah UMKM Tangerang yang Go Digital,” GETI Media, 2023. https://getimedia.id/2023/12/13/peningkatan-jumlah-umkm-tangerang-yang-go-digital/.
R. Putriana and S. Kholil, “Analisis Trik dan Teknik Marketing Generasi Z dalam Mempromosikan Produk Somethinc di Instagram,” J. Indones. Manaj. Inform. dan Komun., vol. 5, no. 2, pp. 1676–1684, 2024, [Online]. Available: https://journal.stmiki.ac.id.
H. Wijoyo, I. Indrawan, Y. Cahyono, A. L. Handoko, and R. Santamoko, Generasi Z Dan Revolusi Industri 4.0, vol. 1. 2020.
D. A. Mukhsinin, M. Rafliansyah, S. A. Ibrahim, R. Rahmaddeni, and D. Wulandari, “Implementasi Algoritma Decision Tree untuk Rekomendasi Film dan Klasifikasi Rating pada Platform Netflix,” MALCOM Indones. J. Mach. Learn. Comput. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 570–579, 2024, doi: 10.57152/malcom.v4i2.1255.
R. N. Ramadhon, A. Ogi, A. P. Agung, R. Putra, S. S. Febrihartina, and U. Firdaus, “Implementasi Algoritma Decision Tree untuk Klasifikasi Pelanggan Aktif atau Tidak Aktif pada Data Bank,” Karimah Tauhid, vol. 3, no. 2, pp. 1860–1874, 2024, doi: 10.30997/karimahtauhid.v3i2.11952.
M. Arif Saifudin, H. Endah Wahanani, and A. Junaidi, “Implementasi Algoritma Asosiasi Fp-Growth Dan Klasifikasi K-Means Terhadap Pola Pembelian Konsumen Di Marketplace Shopee,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 764–771, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i1.8848.
B. Harmadi, P. S. Matematika, and F. Sains dan Teknologi, “Penerapan Algoritma Decision Tree Dalam Segmentasi Customer,” vol. 12, no. 2, pp. 315–322, 2022.
A. P. A. S. M R, J. Sodik, M. Saripudin, S. M. Rejeki, and U. Firdaus, “Kajian untuk Segmentasi Customer Bank dengan Algoritma K-Means,” Karimah Tauhid, vol. 3, no. 3, pp. 3899–3906, 2024, doi: 10.30997/karimahtauhid.v3i3.12318.
R. Novalana and wasino, “Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Leora Kopi,” J. Panor. Nusant., vol. Vol.18, no. Issue. 2, pp. 1–11, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.asaindo.ac.id/index.php/panoramanusantara/issue/view/185.
T. Tukino, “Analisis Prediksi Penjualan Sayuran Hidroponik Menggunakan Algoritma C4.5 pada PT Batam Indo Agri Perkasa,” J. Desain Dan Anal. Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 129–137, 2023, doi: 10.58520/jddat.v2i2.30.
F. Firmansyah and O. Nurdiawan, “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Frequent Pattern - Growth Untuk Menentukan Pola Pembelian Produk Chemicals,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 547–551, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i1.6371.
I. H. Pratama and U. Salamah, “Perbandingan Algoritma K-Nearest Neighbor Dan Support Vector Machine Untuk Menentukan Prediksi Produk-Produk Terlaris Pada Toko Madura Kecamatan Pondok Aren,” J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 6, no. 2, pp. 846–858, 2022, [Online]. Available: https://jurnal-backup.kaputama.ac.id/index.php/JTIK/article/view/1163.
G. Taufik and D. Jatmika, “Penerapan Algoritma C4 . 5 Untuk Klasifikasi Keberhasilan Pengiriman Barang,” pp. 12–26, 2021.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v17i3.24149
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.