STUDI PROSES BLEACHING SERAT ECENG GONDOK SEBAGAI REINFORCED FIBER

Achmad Syah Ronie(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Serat eceng gondok dapat dikembangkan menjadi produk yang lebih berkualitas. Saat ini sedang berkembang penelitian tentang serat alami sebagai bahan pengisi matriks komposit.Proses bleaching adalah salah satu proses yang sangat penting pada proses pembuatan serat eceng gondok. Perbedaan kondisi pada proses bleaching mempengaruhi kualitas produk serat eceng gondok yang dihasilkan seperti kuat tarik dan derajat kecerahan. Hidrogen peroksida mempunyai kelebihan yaitu sifatnya yang lebih ramah lingkungan dibandingkan oksidator lain karena peruraiannya hanya menghasilkan air dan oksigen.Tujuan penelitian ini adalah menentukan pengaruh konsentrasi H2O2, pH dan suhu terhadap kuat tarik dan derajat kecerahan serta menentukan kinetika reaksi pada proses bleaching tersebut. Proses bleaching dilakukan dengan memasukkan serat eceng gondok kedalam larutan hidrogen peroksida dalam suasana basa. Hasil optimum didapat pada konsentrasi H2O2 3 %, pH 11 dan suhu 60
oC dengan harga derajat kecerahan dan kuat tarik masing-masing 82,10 dan 119,75 Mpa.Nilai konstanta kinetika reaksi k1, k2, dan k3 berturut-turut adalah 10,6222 M-2, 0,00076046 M-1 dan 136403,6508 M-1.
Perubahan derajat kecerahan dan kuat tarik dari serat eceng gondok setelah dibleaching diharapkan dapat digunakan sebagai bahan baku reinforced fiber.

Kata kunci: serat eceng gondok, bleaching, konstanta kinetika reaksi, derajat
kecerahan, kuat tarik.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v4i4.170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




DOAJ faktor exacta Garuda ISSN BRIN sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index