Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook pada Pembahasan Biologi

Marisha Ayuardini(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa e-modul interaktif berbasis Flipbook untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep biologi. Dalam hal ini peneliti mengembangkan media pembelajaran dalam bidang pendidikan yang berintegrasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Inovasi media pembelajaran yang dikembangkan adalah membuat modul digital dua dimensi yang dapat membuka halaman layar seolah membaca di layar monitor berbasis Flipbook. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (Research and Develompment) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementasi dan Evaluate). Modul berbasis Flipbook ini dibuat dengan menggunakan Software Flip PDF Comporate Edition dimana menyajikan teks, gambar, audio, dan video. Hasil penelitian media berbasis Flipbook ini dikatakan layak untuk digunakan berdasarkan validasi dari ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, yaitu dengan rata-rata skor total sebesar 80% untuk penilaian validasi ahli materi, rata-rata skor total sebesar 60% untuk penilaian validasi ahli media, dan rata-rata skor total sebesar 60% untuk penilaian validasi ahli bahasa, yang masing-masing masuk pada kriteria “layak”. Selain itu, sudah dilakukan uji lapangan kepada tiga puluh peserta didik dan mendapatkan skor nilai rata-rata respon peserta didik sebesar 80% dengan katagori “baik”, serta telah dilakukan uji coba efektivitas media dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep mendapatkan skor nilai rata-rata 0,46 dengan kategori sedang.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Hamidah, A. (2014). Persepsi Siswa Tentang Kegiatan Praktikum Biologi di Laboratorium SMA Negeri Se-Kota Jambi. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 221111.

Hartati, Sri, Ilham Abdullah, dan Saleh Haji. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology 2.1: 43-72.

Hermawati, Y., Fitri, A., & Sa’diah, T. L. (2020). Penggunaan Media Counting Funnel Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Kelas II Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary School Education, 1(1), 223-236.

Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12.

Kodi, A. I., Hudha, M. N., & Ayu, H. D. (2020). Pengembangan Media Flipbook Fisika Berbasis Android Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Topik Perpindahan Kalor. In SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika).

Mulyadi, D. U., & Wahyuni, S. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal pembelajaran fisika, 4(4), 296-301.

Munawaroh, S., Ahmadah, I. F., & Purbaningrum, M. (2021). EMAGMATH Berbasis Flipbook Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP/MTs. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4 (1), 45-54.

Nashrulloh, Muhammad. (2021). Penerapaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Monera Di MAN 3 Jombang. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi 6.2: 77-81.

Sijabat, Primayani, et al. (2020). Pengembangan BUP Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Berdasarkan Keanekaragaman Jenis Belalang di Kebun Kelapasawit Sukarami. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. 2021. Suparlan, S. Peran Media dalam Pembeajaran di SD/MI. Islamika, 2(2), 298-311.

Sukma, M. A., Yandari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Penerapan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 23-35.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v15i4.14924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

DOAJ faktor exacta Garuda ISSN BRIN sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index