Peralihan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Menuju Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Bagi Mahasiswa Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan STKIP Kusuma Negara

Mariasih Mariasih(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan mekanisme pelaksanaan PPL dengan PLP bagi mahasiswa calon guru lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode literature research.Terbitnya Permenristekdikti No 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru, mengisyaratkan agar semua lembaga pendidikan tenaga kependidikan perlu segera melakukan rekonstruksi pendidikan pada program praktik mengajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pengalaman lapangan (PPL) dan pengenalan lapangan persekolahan (PLP merupakan program yang mempunyai tujuan sama, yaitu memfasilitasi mahasiswa calon guru dalam praktik mengajar di sekolah. Bagi mahasiswa adanya perubahan program yang berdampak pada mekanisme tidaklah menjadi kendala sepanjang ada sosialisasi yang dilakukan lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan jauh sebelum pelaksanaan praktik mengajar. Dengan demikian dapat disarankan pada lembaga pendidikan tenaga kependidikan harus segera melakukan rekonstruksi pendidikan yang terkait dengan praktik mengajar bagi mahasiswa calon guru. Sedangkan perbedaan dari PPL dan PLP adalah terletak pada waktu pelaksanaan dan bobot SKS yang harus di ambil oleh mahasiswa untuk mengikuti program tersebut.


Keywords


Praktik; Pengalaman lapangan; Pengenalan Lapangan; Persekolahan; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, A. D. (2018). Metode Role Playing dalam Pembelajaran Profesi Kependidikan. Jurnal Pendidikan Progresif, 8(1), 29–35. https://doi.org/10.23960/jpp.v8.i1.201804

Arikunto, S. (2008). Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kemenristekdikti. (2017a). Kementerian riset, teknologi, dan pendidikan tinggi.

Kemenristekdikti. (2017b). Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tentang Standar Pendidikan Guru. jdih.ristekdikti.go.id

Laia, B., Laia, R. D., Zai, E. P., & Zagoto, I. (2021). Sosialiasi Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan I Tahun Ajaran 2020 / 2021. 15–20.

Latiana, L. (2010). Peran Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik. Edukasi, 0(3).

lldikti12.ristekdikti.go.id. (11. Juni 2014). Dostupné na Internete: Kementrian Pendidikan dan Kebuadayaan - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara: https://lldikti12.ristekdikti.go.id/2014/06/11/pemendikbud-no-49-tahun-2014-tentang-standar-nasional-pendidikan-tinggi.html

Margana, D. (2019). Panduan Pengenalan Lapangan Edisi 2019. Penilaian Otentik Yang Humanis Dan Profesional Untuk Meningkatkan Karakter Lulusan, 1991, 12–14.

Munthe, A. P. (2015). Pentingya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14

Panduan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan Program Sarjana Pendidikan. (2017). In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(3), 265–272.

Sadikin, A., & Siburian, J. (2019). Analisis pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) FKIP Universitas Jambi bidang studi pendidikan biologi di SMA PGRI Jambi. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 90–99. https://doi.org/10.29405/j.bes/3290-993562

Salimi, M., Susiani, T. S., & Hidayah, R. (2017). Research-Based Learning Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1284

Soraya, E., & Suryadi. (2019). Evitha, Suryadi, Pengembangan Lembaga… iMProvement. Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan, 6(2), 28–44.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sukirman, D. (2012). Pembelajaran Micro Teaching.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i2.9992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mariasih Mariasih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.