PENGARUH POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK (PAK) KELAS V SD NEGERI WAISUMAR, SUMBA TENGAH, NUSA TENGGATA TIMUR

Leonora Nama(1), KARTIN APRIANTI(2*)

(1) SD Katolik Katiku Loku, Sumba Tengah NTT
(2) SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI BIMA
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh pola komunikasi orang tua dengan anak terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik (PAK) kelas V SD Negeri Waisumar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V berjumlah 43 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan uji regresi. Pada penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pola komunikasi orang tua dengan anak terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAK kelas V SD Negeri Waisumar sebesar 41%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi orang tua dengan anak berpengaruh terhadap tinggi rendahnya prestasi belajar mata pelajaran PAK.


Keywords


Pola Komunikasi orang tua dengan anak; Prestasi Belajar; PAK

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A, 2012, Psikologi Sosial, Edisi Revisi, . Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Aninsa, Bevi, 2018. Hubungan pola komunikasi dan latar belakang pendidikan orang tua terhadap hasil Belajar PKN siswa Kelas V. Joyful Learning Journal. Vol 7(4)

Aziz, Safrudin. 2015. Pendidikan Seks Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Gava Media

Devito, Joseph A.,2011. The Interpersonal Communication Book, Fifth Edition, Harper & Row, Publishers, New York, 1989.

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jatmikowati, T. Endang. 2018. Efektivitas Komunkasi Orng Tua Terhadap Kepribadian Anak. Jurnal pedagogi. Vol 4(2)

Karlinawati Silalahi dan Eko A. Meinarno. 2010. Keluarga Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sofyan, Iyan.2019. Mindful Parenting Strategi Membangun Pengasuhan Positif Dalam Keluarga. Journal Of Early Chilhood Care And Education. Vol.1 (2).

Rahman, Bujang. 2014. Kemitraan Orang Tua Dengan Sekolah Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa. V. Unila. Vol 4(2).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sinaga, Enni.U. dkk (2016). Hubungan Intensitas Komunikasi Orang Tua Dan Anak Terhadap Hasil Belajar Siswa. JKKP.Vol 3(2).

Nisa, Rofiatun. 2018. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Interaksi Sosial Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Thesis. UIN Maulana Malik Ibrahim

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. SISDIKNAS. Peraturan Pemerintah RI Tahun 2013. Tentang Standar Nasional Pendidikan serta Wajib Belajar

Wahyuning, Wiwit dkk. 2003. Mengkomunikasikan Moral Kepada Anak. Jakarta: Gramedia Wanda, Desiie. 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v9i1.9986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Leonora Nama, KARTIN APRIANTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.