Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SMAN 1 Pangkalan Bun

Umi Fadillah(1*), Atiqa Sabardila(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: 

Penulisan artikel ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapkan pendidikan karakter di masa pandemi covid-19, (2) mendeskripsikan upaya guru dalam membentuk karakter siswa seperti: tanggung jawab, disiplin, jujur, kreatif dan mandiri siswa di SMAN 1 Pangkalan Bun. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif, teknik yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Hasil dari temuan ini yaitu (1) penerapan pendidikan karakter dilakukan dengan cara merancang pembelajaran yang menarik agar peserta didik tidak merasa bosan ataupun jenuh ketika mengikuti pembelajaran daring, (2) menerapkan kedisiplinan dalam pengumpulan tugas, menumbuhkan rasa ingin tahu siswa, guru memberikan contoh yang baik kepada peserta didik terutama pada karakter tanggung jawab, disiplin, jujur, kreatif dan mandiri. 


Keywords


siswa, pendidikan karakter, pembelajaran daring

References


Amin, M. (2017). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan. TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(01), 105-124. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JSMPI/article/view/222

Ariyanto, R. D., Santy, A., Guruh, S. H. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid-19: Tantangan dan Kontribusi. (Webinar) Seminar Nasional Pendidikan 2020, 1(1), 128-135. https://fip.unesa.ac.id/fip-ppti/public/proceeding/index.php/webinar2020/article/download/122/92

Batubara, H., Abdul, M., Prismar, H., Sahputra, S., Abdi, G. 2020. Model Pendidikan Karakter Di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid – 19 (Studi Kasus Pada Orang Tua Siswa Sd Rusyda Medan). Al Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2),199-213. DOI: 10.30596/al-ulum.v%vi%i.72 / https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Bilda, W. (2016). Pendidikan Karakter Terencana melalui Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education, 2(1), 46-53. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/alphamath/article/download/215/211

Elfahmi, R. (2020). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 di SMA Negeri 3 Seunagan. Bionatural:Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2), 45-52. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/536

Fauzi, F. Y., Ismail, A., Etin, S. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kawarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal PPKn UNJ Online, 1(2), 1-15. https://www.academia.edu/download/32881263/PERAN-GURU-PENDIDIKAN-PANCASILA-DAN-KEWARGANEGARAAN-DALAM-UPAYA-PEMBENTUKAN-KARAKTER-PESERTA-DIDIK2.pdf

Hasibuan, A. A., Darwyan, S., Marzuki. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter di SMA. Tarbiyah: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(2), 191-212. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi

Hermana, J. (2017). Pendidikan Karakter(Hidup dengan Energi Positif, menjadi Pribadi yang Lebih Baik). Malang: Genius Media.

Herawan, K. D. (2017). Relavansi Nilai Pendidikan Karakter dalam Geguritan Suddhamala untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu. 3(2), 223-236. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM

Islam, S. (2017). Karakteristik Pendidikan Karakter; MenjawabTantangan Multidimensional Melalui Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Edureligia, 1(1), 89-101. DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.50

Kholifah, W. T. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 115-120. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/614/518

Lestari, A., Leonardo, B. H., Maria, M. M. (2016). Pengaruh Sikap mandiri, Lingkungan Keluarga dan Motivasi terhadap Minat Berwirausaha Para Remaja (Studi Empiris di Desa Jamus Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak). Journal Of Management, 2(2), 1-14. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/509

Mahfud. (2017). Berpikir dalam Belajar; Membentuk Karakter Kreatif Peserta Didik. Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah, 1(1), 1-26. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/tarbawi/article/view/1229/930

Nastion, T. (2018). Membangun Kemandirian Siswa melalui Pendidikan Karakter (Building Student Independence Through Character Education). Jurnal Ijtimaiyah, 2(1), 1-19. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/download/2925/1731

Nida, Fatma, L. K. (2013). Intervensi Teori Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg dalam Dinamika Pendidikan Karakter. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 271-290. DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.754

Nuranti., M. H., Fita, M. (2019). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kota Batu. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(3), 1-10. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/3164/2868

Pasikha, N. (2017). Implementasi Manajemen Kelas dalam Mengatasi Masalah Disiplin Siswa. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD, 7(1), 55-67. http://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpgsd/article/download/31/25

Saksono, H. (2012). Ekonomi Kreatif: Talenta Baru Pemicu Daya Saing Daerah. Jurnal Bina Praja, 4(2), 93-104. DOI: https://doi.org/10.21787/jbp.04.2012.93-104

Salsabila., U. H., Lailli I. S., Khusna, H. L., Ayu P. L., Asyharinur, A. (2020). Peran Teknologi dalam Pembelajaran di masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188-198. DOI: 10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Sobri, M., Nursaptini, & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring di Perguruan Tinggi pada Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64-71. doi:10.32529/glasser.v4i1.373

Surahman, E., Mukminan. (2017). Peran Guru IPS sebagai Pendidik dan Pengajar dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Spsial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1-13. Online: http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi

SW, Y. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah Daring dan Solusinya di Masa Pandemi Covid 19 dalam Perspektif Pendidikan Karakter bagi Siswa Kelas X di SMA Veteran 1 Sukoharjo Tahun Pembelajaran 2020-2021. Civics Education and Social Sciense Journal (CESSJ), 2(2), 192-211. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/cessj/article/viewFile/1142/801

Uliana, P., Rr. N. S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kultur Sekolah pada Siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Kajian Moral dan Kawarganegaraan, 1(1), 165-179. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan kewarganegaraa/article/download/1473/1099

Utami, S. W. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan, 04(01), 63-66. DOI : 10.26740/jp.v1n1.p63—66.

Zulhafizh, A., & S, R. (2013). Kontribusi Sikap dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, 1(2), 13-28. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bsp/article/view/4991/3943




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i3.9935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Umi Fadillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.