Analisis Kompetensi Literasi Digital Guna Menyiapkan Calon Guru Cakap Teknologi Informasi dan Komunikasi

Leviana Rosdini(1), Nanda Dwi Zulviani(2), Raffie Ahmad Riesman Putra(3*), Ahmad Fajar Fadhlillah(4)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Revolusi TIK menyebabkan munculnya tuntutan - tuntutan akan kompetensi baru, termasuk literasi digital. Dunia pendidikan di Indonesia telah mendukung integrasi TIK melalui implementasi kurikulum teknologis. Guru sebagai fasilitator di dalamnya juga harus menguasai literasi digital, sebagai bagian dari kompetensi profesional guru. Begitu pula dengan mahasiswa calon guru, harus berjuang menggapai kompetensi tersebut selama perkuliahan sebagai bekal menjadi guru. Riset ini bertujuan menganalisis kompetensi literasi digital mahasiswa calon guru berdasarkan modifikasi kerangka kerja kompetensi TIK untuk guru UNESCO. Riset survei dengan pendekatan kuantitatif digunakan melalui diseminasi kuesioner daring berbasis skala Likert secara acak kepada mahasiswa calon guru Universitas Pendidikan Indonesia. Dari 66 responden diperoleh hasil bahwa dimensi penggunaan TIK untuk produktivitas menjadi kompetensi tertinggi yang diraih (31,51% rerata kutub positif) sedangkan dimensi kesadaran dan keamanan dalam penggunaan TIK menjadi yang terendah (25% rerata kutub positif).

Keywords


Digital literacy; ICT competencies; Prospective teacher

References


Ardiawan, I. K. N. (2017). Perspektif Tekhnohumanistik Dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. INOVASI PENDIDIKAN: Bunga Rampai Kajian Pendidikan Karakter, Literasi, dan Kompetensi Pendidik dalam Menghadapi Abad 21, 281–288. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/11177/7979

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. PT Remaja Rosdakarya.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591

Cabero-Almenara, J., Romero-Tena, R., & Palacios-Rodríguez, A. (2020). Evaluation of Teacher Digital Competence Frameworks Through Expert Judgement: The Use of The Expert Competence Coefficient. Journal of New Approaches in Educational Research, 9(2), 275–283. https://doi.org/10.7821/naer.2020.7.578

Indrawan, I., Masitah, U., Adabiah, R., Jauhari, J., Faizah, T. N., Warlinah, W., Rohim, T., Nadzir, A., Latifah, L., Rusmiati, M., Putri, H., & Supriadi, E. (2020). Guru Profesional (I. M. Adnan (ed.)). Penerbit Lakeisha.

Junaidi, A., Wulandari, D., Arifin, S., Soetanto, H., Kusumawardani, S. S., Wastutiningsih, S. P., Utama, M. S., Edy, C., Hertono, G. F., Syam, N. M., WY, H. J., Putra, P. H., Wijayanti, C., & Jobih, J. (2020). Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (S. S. Kusumawardani (ed.); 4th ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/19527

Prajana, A., & Astuti, Y. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran oleh Guru SMK Di Banda Aceh dalam Upaya Implementasi Kurikulum 2013. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 33–41. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p033

Riswadi, R. (2019). Kompetensi Profesional Guru (A. Mubarak (ed.)). Uwais Inspirasi Indonesia.

Rizal, R., Setiawan, W., & Rusdiana, D. (2019). Digital Literacy of Preservice Science Teacher. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022058

Rizal, R., Rusdiana, D., Setiawan, W., & Siahaan, P. (2020). Digital Literacy Test: Development of Multiple Choice Test for Preservice Physics Teachers. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(3), 7085–7095. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/7567

Rustam, A., & Ruslina, Y. (2021). Student Obedience in Behavior and Ethics Towards Lecturers in the Teaching Learning Process. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 13(1), 12–19. https://doi.org/https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v13i1.1838

Savitri, A. (2019). Revolusi Industri 4.0: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0. Penerbit Genesis.

Simarmata, J., Hamid, M. A., Ramadhani, R., Chamidah, D., Simanihuruk, L., Safitri, M., Napitupulu, D., Iqbal, M., & Salim, N. A. (2020). Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan (T. Limbong (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan) (3 ed.). ALFABETA, cv.

Sutrisna, I. P. G. (2020). Digital Literacy Action During Covid-19 Pandemic. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 8(2), 268–283. https://doi.org/10.5281/zenodo.3884420

UNESCO. (2018). UNESCO ICT Competency Framework for Teachers Version 3. In United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000265721

Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 7(2), 120–133. https://doi.org/https://doi.org/10.53627/jam.v7i2.3996




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i3.9893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Raffie Ahmad Riesman Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.