Analisis Kompetensi Literasi Digital Guna Menyiapkan Calon Guru Cakap Teknologi Informasi dan Komunikasi
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Ardiawan, I. K. N. (2017). Perspektif Tekhnohumanistik Dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. INOVASI PENDIDIKAN: Bunga Rampai Kajian Pendidikan Karakter, Literasi, dan Kompetensi Pendidik dalam Menghadapi Abad 21, 281–288. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/11177/7979
Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. PT Remaja Rosdakarya.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591
Cabero-Almenara, J., Romero-Tena, R., & Palacios-Rodríguez, A. (2020). Evaluation of Teacher Digital Competence Frameworks Through Expert Judgement: The Use of The Expert Competence Coefficient. Journal of New Approaches in Educational Research, 9(2), 275–283. https://doi.org/10.7821/naer.2020.7.578
Indrawan, I., Masitah, U., Adabiah, R., Jauhari, J., Faizah, T. N., Warlinah, W., Rohim, T., Nadzir, A., Latifah, L., Rusmiati, M., Putri, H., & Supriadi, E. (2020). Guru Profesional (I. M. Adnan (ed.)). Penerbit Lakeisha.
Junaidi, A., Wulandari, D., Arifin, S., Soetanto, H., Kusumawardani, S. S., Wastutiningsih, S. P., Utama, M. S., Edy, C., Hertono, G. F., Syam, N. M., WY, H. J., Putra, P. H., Wijayanti, C., & Jobih, J. (2020). Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (S. S. Kusumawardani (ed.); 4th ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/19527
Prajana, A., & Astuti, Y. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran oleh Guru SMK Di Banda Aceh dalam Upaya Implementasi Kurikulum 2013. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 33–41. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p033
Riswadi, R. (2019). Kompetensi Profesional Guru (A. Mubarak (ed.)). Uwais Inspirasi Indonesia.
Rizal, R., Setiawan, W., & Rusdiana, D. (2019). Digital Literacy of Preservice Science Teacher. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022058
Rizal, R., Rusdiana, D., Setiawan, W., & Siahaan, P. (2020). Digital Literacy Test: Development of Multiple Choice Test for Preservice Physics Teachers. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(3), 7085–7095. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/7567
Rustam, A., & Ruslina, Y. (2021). Student Obedience in Behavior and Ethics Towards Lecturers in the Teaching Learning Process. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 13(1), 12–19. https://doi.org/https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v13i1.1838
Savitri, A. (2019). Revolusi Industri 4.0: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0. Penerbit Genesis.
Simarmata, J., Hamid, M. A., Ramadhani, R., Chamidah, D., Simanihuruk, L., Safitri, M., Napitupulu, D., Iqbal, M., & Salim, N. A. (2020). Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan (T. Limbong (ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan) (3 ed.). ALFABETA, cv.
Sutrisna, I. P. G. (2020). Digital Literacy Action During Covid-19 Pandemic. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 8(2), 268–283. https://doi.org/10.5281/zenodo.3884420
UNESCO. (2018). UNESCO ICT Competency Framework for Teachers Version 3. In United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000265721
Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 7(2), 120–133. https://doi.org/https://doi.org/10.53627/jam.v7i2.3996
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i3.9893
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Raffie Ahmad Riesman Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |