Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Aro Gapopin pada Mata Kuliah Anatomi Fisiologi Umum dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture

Nensi Mesrani Tarigan(1*), Ferry Doringin(2)

(1) Akademi Refraksi Optisi dan Optometry Gapopin, Tangerang Selatan, Indonesia
(2) Akademi Refraksi Optisi dan Optometry Gapopin, Tangerang Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam masa pandemi ini, upaya pendidikan tetap harus dijalankan melalui pembelajaran jarak jauh atau daring, hal ini mendorong pendidik untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menarik salah satunya melalui model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan daya serap pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Anatomi Fisiologi Umum. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian true experiment dengan desain penelitian yang digunakan adalah control group pretest-posttest yang dilaksanakan dalam dua siklus. Kelas IA merupakan kelas eksperimen dan Kelas IB merupakan kelas kontrol. Hasil penelitian yang didapat pada siklus I menunjukkan bahwa rata-rata daya serap pemahaman mahasiswa sebesar 82,51 meningkat pada siklus II sebesar 88,2. Model pembelajaran picture and picture efektif meningkatan hasil belajar mahasiswa Aro Gapopin pada masa pembelajaran jarak jauh ini.

Keywords


Hasil Belajar; Picture and picture; Suasana Pembelajaran; Pembelajaran Daring; Model Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ansori, Aan, and Ahmad Fitriyadi Sari. 2020. “Inovasi Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara 1(2):133–48.

Argaheni, Niken Bayu. 2020. “Sistematik Review : Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia A Systematic Review : The Impact of Online Lectures during The COVID-19 Pandemic Against Indonesian Students.” 8(2).

Aritonang, Keke T. 2008. “Minat Dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Penabur 7(10):11–21.

Handayani, Dwi, Siti Harinina Bintari, and Lisdiana. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Spesimen Pada Materi Invertebrata.” Unnes Journal of Biology Education 2(3):321–28.

Kaharuddin, Andi, and Nining Hajeniati. 2020. Pembelajaran Inovatif & Variatif - Google Books.

Noviani, Rini, Ani Kurniasari, Miranti Nur Oktavia, Wahyu Eka H, David Wisnu Murti, and Firdian Setiya A. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Covid-19 Pada Siswa Sekolah Dasar (SD).”

Paramita, Ni Made Ayu Santi, Ni Wayan Rati, and Ni Kt Desia Tristiantari. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berorientasi Pendidikan Karakter.” 3(87):1–8.

Prihatiningsih, Eko, and Eunice Widyanti Setyanigtyas. 2018. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dan Model Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 4(1):1. doi: 10.30870/jpsd.v4i1.1441.

Putria, Hilna, Luthfi Hamdani Maulana, and Din Anzwar Uswatun. 2020. “Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar.” JURNAL BASICEDU 4(4):861–72. doi: 10.31004/basicedu.v4i4.460.

Susanti, Putu Ari, and Ni Nyoman Kusmariyani. 2017. “Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 1(2):99. doi: 10.23887/jisd.v1i2.10144.

Suwastini, Luh Sri, Ni Wayan Arini, and Universitas Pendidikan Ganesha. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Keterampilan Menulis Wacana Narasi Siswa Kelas IV Semester I Tahun Kecamatan Sukasada Universitas Pendidikan Ganesha E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Bahasa Indonesia Sebagai Sal.” 2(1).

UNICEF. 2020. “COVID-19: Laporan Baru UNICEF MengungkapJ Setidaknya Sepertiga Anak Sekolah Di Seluruh Dunia Tidak Dapat Mengakses Pembelajaran Jarak Jauh Selama Sekolah Ditutup.” August, 27 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i2.9859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nensi Mesrani Tarigan, Ferry Doringin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.