Aktivitas Pembelajaran Daring Matakuliah Pengantar Pendidikan Berbasis Modular Object Oriented-Dynamic Learning Environment (MOODLE)

Angger Saloko(1*)

(1) Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran daring merupakan kebijakan yang dipilih pemerintah Republik Indonesia selama pandemi Covid-19. Kemajuan teknologi informasi dirasa sangat membantu dalam sektor pendidikan, setidaknya mahasiswa masih mendapat pembelajaran yang terkontrol. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui kesesuaian pembelajaran daring berbasis platform modular object oriented-dynamic learning environment (MOODLE) terhadap tahapan pembelajaran. Metode literatur yang bersifat deskriptif. dipilih karena merupakan salah satu metode pengumpulan data yang digunakan dalam metodologi penelitian sosial untuk menelusuri data rekam peristiwa. Penelitian dilakukan pada rentang waktu pembelajaran semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 di 3 program studi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Nusantara Bandung. Kesimpulannya platform MOODLE tersebut menyediakan berbagai menu pilihan dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bersifat sinkronus maupun asinkronus.

Keywords


Pembelajarang daring; Pengantar Pendidikan; MOODLE;

Full Text:

PDF

References


Akib. (2014). Fungsi Supervisi Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kecamatan Poso Kota Utara. Jurnal Ilmiah Administratie , 45-66.

Amiroh. (2012). Membangun E-learning Dengan Learning Management System Moodle. Sidoarjo: PT. Berkah Mandiri Global Indo.

Anderson, L. W. (2001). A Taxonomy for Learning and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Bariah, S. H., & Imania, K. A. (2018). Implementasi Belended Learning Berbasis Moodle pada Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi. Jurnal PETIK , 106-113.

Bungin, M. B. (2008). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Cole, J., & Foster, H. (2008). Using Moodle. San Francisco: O'Reilly Media.

Dukut, E. M. (2020). Kreativitas Pembelajaran Daring Untuk Generasi Z di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat (s. 1199). Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Fauzan, M. N., & Hamidin, D. (2015). Perancangan Aplikasi Ensiklopedia Elektronik Untuk PAUD. Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI) , 75-85.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education , 18-26.

Hakim, A. R. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pengelolaan Pembelajaran. Kodifikasia , 167-183.

Indonesia, R. (2020). Surat Edaran Nomor 04 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Narayana, I. W. (2016). Analisis Terhadap Hasil Penggunaan Metode Pembelajaran Synchronus dan Asynchronus. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia (s. 139-144). Yogyakarta: STMIK AMIKOM.

Ratnawati, D., & Vivianti. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Matakuliah Praktik Aplikasi Teknolofi Informasi. Jurnal Edukasi Elektro , 110.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi , 214.

Selwyn, N. (2011). Education and Technology Key Issues and Debates. India: Replika Press Pvt Ltd.

Suparman, O., & Saloko, A. (2018). Konsep Belajar Contextual Teaching and Learning Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Model Project Citizen. Prosiding Seminar Nasional Laboratorium PPKn FKIP UNS : penguatan nilai-nilai kebangsaan melalui pendidikan kewarganegaraan persekolahan dan kemasyarakatan : Surakarta, 7 Juli 2018 (s. 217-229). Surakarta: Laboratorium program studi PPKn FKIP Universitas Sebelas Maret.

Susanna, D. (2020). When will the COVID-19 Pandemic in Indonesia End? Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal) , 160.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i2.9858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Angger Saloko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.