Analisis Kepercayaan Diri Siswa dalam Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama
(1) Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
(3) Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepercayaan diri dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IXC SMPN 2 Latambaga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 29 siswa kelas IXC SMPN 2 Latambaga. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket dan soal tes yang terdiri dari 4 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kepercayaan diri siswa berada pada kategori sedang (2) kemampuan pemahaman konsep siswa berada pada kategori sedang (3) siswa dengan tingkat kepercayaan diri tinggi mampu menyelesaikan tiga indikator dalam kemampuan pemahaman konsep yaitu indikator 1, 3 dan 4 (4) Siswa dengan tingkat kepercayaan diri sedang mampu menyelesaikan dua indikator dalam kemampuan pemahaman konsep yaitu indikator 2 dan 3 (5) Siswa dengan tingkat kepercayaan diri rendah mampu menyelesaikan dua indikator dalam kemampuan pemahaman konsep yaitu indikator 1 dan 4.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, G., Akbar, M., Diniyah, A. N., Akbar, P., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Dan Self Confidence Siswa SMA dalam Materi Peluang. Journal On Education, 1 (1) 14–21,
Alan, U. F., A. E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Audiotory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1), 68-78,
Aripin, U. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. P2M STKIP Siliwangi, 2 (1), 120-127
Chairuddin, C., & Farman, F. (2019). Comparison of The Effectiveness of Scientific Approach and Problem-Solving Approach in Problem-Based Learning in Class IX of SMP Negeri 3 Pangsid. Journal of Mathematics Education, 4(2), 69–75. https://doi.org/10.31327/jomedu.v4i2.1010
Dini, M. (2018). Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP. Jurnal Silogisme, 3 (1), 1–7.
Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari.Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (2), 229-239.
Farman, F. (2020). Development of Mathematics Learning Design through Problem Posing Approach for Developing Mathematical Reasoning Ability. Proceeding of USN Kolaka-ADRI International Conference on Sustainable Coastal-Community Development, 1(0), 167–174. https://doi.org/10.31327/icusn-adri.v1i0.1158
Farman, F., & Chairuddin, C. (2020). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo Pada Materi Teorema Pythagoras. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 872. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3114
Farman, Chairuddin & Hali, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Siswa Kelas VII. Jurnal Karya Pendidikan Matematika 6 (2), 82-91
Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, (10) (2), 157–168
Mawaddah, S., Janah, R. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching Di Kelas XI SMA. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2),118-125.
Muzamil, L.A. (2018). Pengaruh Rasa Percaya Diri Dan Disiplin Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Sma Swasta Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2017/2018. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 1 (1), 81- 93.
Nuraeni, Mulyati, E. S., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis dan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Siswa MTs. Jurnal Pembelajaran Matematika inovatif, 1 (5), 975-982.
Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTs Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 1 (9), 16-25.
Rahmawati, Y., Firmansyah, M., Galuh, I., & Nurbaiti, H. (2019). Development Of Mathematics E-Book With Islamic Nuance as Teaching Materials to Increase Conceptual Understanding at Elementary School. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 379-387. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.168
Rahmawati, N. F. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Percaya Diri Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran Pembelajaran Relating – Experiencing – Applyingcooperating -Transferring (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Romadon, S., & Mahmudi, A. (2019). Penerapan Pendekatan Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Journal program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, 8 (1), 58-64.
Siregar, B. A., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari self Confidence Siswa MTs Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Matematika APOTEMA,6(1), 27-33.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i2.9845
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Farman, Nurhandita, Marniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |