Korelasi antara Kecerdasan Adversitas dan Performa Akademik Mahasiswa EFL

Erna Megawati(1*), Priarti Megawanti(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan adversitas dan performa akademik mahasiswa EFL. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Instrument yang digunakan berupa kuesioner untuk mengukur kecerdasan adversitas yang disusun berdasarkan dimensi kecerdasan adversitas oleh Stoltz (2005) dan Ujian Tengah Semester dan Ujian Tengah Semester untuk mengukur performa akademik mahasiswa yang disusun berdasarkan Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi kuat yang positif dan signifikan antara kecerdasan adversitas dengan performa akademik mahasiswa EFL dengan nilai rxy sebesar 0.688 dengan nilai p 0.000 dimana p < 0.01. Mahasiswa dengan kecerdasan adversitas tinggi memiliki dimensi juang Control, Origin and Ownership, Reach, dan Endurance yang memungkinan mereka terus berusaha walaupun harus mengalami kegagalan berkali-kali.


Keywords


Kecerdasan Adversitas; Performa Akademik; EFL

Full Text:

PDF

References


Adhim, F. (2012). Hubungan Pendidikan Karakter Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1).

Canivel, L. D. (2010). Principals’ Adversity Quotient: Styles. Performance and Practice (Quezon City: Published Thesis of University of Philiphines).

Furchan, A. (2004). Introduction to Research in Education. London: Student Reader.

Hastjarjo, T. D. (2004). Berkenalan dengan psikologi kognitif. Intelektual: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 2(2), 153–161.

Howe, N., & Strauss, W. (2000). Millennials rising: The next great generation. Vintage.

Kurniawan, F. A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Web Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Paguyangan pada Mata Pelajaran FIsika Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 1–7.

Kusumawati, E. D. (2017). Pengaruh Adversity Quotient terhadap Regulasi Diri Siswa Kelas Khusus Olahraga ( KKO ) SMP Negeri 13 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 121–141.

Manik, R. (2018). Kecerdasan Adversitas Dan Kecerdasan Emosional Sebagai Pilar Karakter Katekis. JUMPA (Jurnal Masalah Pastoral), 6(2), 16.

Masidjo, I. (1995). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rhineka Cipta.

Megawati, E. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Peer Teaching dalam Pengajaran Tenses pada Mahasiswa EFL. DEIKSIS, 11(01).

Megawati, F. (2016). Kesulitan mahasiswa dalam mencapai pembelajaran bahasa Inggris secara efektif. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 147–156.

Pentury, H. J., & Anggraeni, A. D. (2019). Enriching Teacher’s Pedagogical Strategy Using the Role of Global Competence Learning Model. Jurnal Pendidikan Progresif, 9(1), 29–39. https://doi.org/10.23960/jpp.v

Pentury, H. J., Anggraeni, A. D., & Pratama, D. (2020). Improving Student’ 21st Century Skills Through Creative Writing as a Creative Media. Deiksis, 12(02), 164–178. https://doi.org/10.30998/deiksis.v12i02.5184

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612

Retnosari, D. (2019). Hubungan Persepsi Lingkungan Belajar dan Intelligence Quotient Terhadap Performa Akademik Mahasiswa Kedokteran. Jurnal Bio Komplementer Medicine, 6(3).

Stoltz, P. G. (1997). Adversity quotient: Turning obstacles into opportunities. John Wiley & Sons.

Suryadi, B. (2015). Generasi Y: Karakteristik, Masalah, dan Peran Konselor. Seminar Dan Workshop Internasional MALINDO, 22–23.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. December 2019, 10–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx

Yuniani, A., Ardianti;, D. I., & Rahmadani, W. A. (2019). Era Revolusi Industri 4.0 : Peran Media Sosial Dalam Proses Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, Vol (2)(2), 18–23. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:kJKXMdSrGGsJ:https://www.ejurnalunsam.id/index.php/JPFS/article/download/1727/1321+&cd=43&hl=id&ct=clnk&gl=id




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i2.9263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Erna Megawati & Priarti Megawanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.