Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Mata Kuliah Bahasa Indonesia adalah Mata Kuliah Umum wajib yang diambil oleh mahasiswa semester satu dan tiga. Permasalahan yang terjadi di Universitas Indraprasta PGRI adalah dilakukannya pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini. Materi yang ada tidak mencakupi keseluruhan hal yang ingin disampaikan oleh dosen. Mahasiswa kesulitan untuk mempunyai pegangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan media pembelajaran yang dapat memenuhi semua materi yang ada yaitu dengan media pembelajaran berbasis website. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (RnD) dengan proses pengembanganya menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian pengembangan yang dilakukan hanya sampai tahap Development (pengembangan) karena tujuan penelitian ini sebatas mengembangkan dan menghasilkan suatu aplikasi media pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi yang dilakukan diperoleh persentase rata-rata penilaian sebesar 85,59 % dengan kategori valid. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aplikasi media pembelajaran berbasis website pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia valid digunakan dalam PJJ.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v9i1.9233
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Endang Wiyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |