MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kompetensi pedagogik guru-guru SMP Negeri 10 Tambun Selatan khususnya kompetensi dalam merencanakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran peserta didik. Subjek penelitian adalah 15 orang guru SMP Negeri 10 Tambun Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah model Kemmis yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian diperoleh dari instrumen kompetensi pedagogik guru. Hasil penelitian diperoleh data hasil penilaian terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah guru buat diperoleh skor rata-rata pada siklus I sebesar 81,70 meningkat pada siklus II menjadi 91,26, penilaian praktik pelaksanaan pembelajaran diperoleh skor rata-rata pada siklus I sebesar 80,30 meningkat pada siklus II menjadi 92,88, dan penilaian kemampuan guru terhadap hasil pembelajaran peserta didik diperoleh skor rata-rata pada siklus I sebesar 85,33 meningkat pada siklus II menjadi 92,93. Perolehan skor tersebut menunjukkan bahwa indikator keberhasilan penelitian telah tercapai. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru SMP Negeri 10 Tambun Selatan.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru, Supervisi Akademik
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Bafadal, Ibrahim. 2012. Supervisi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Burhanuddin, dkk. 2017. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional. Malang: Rosindo. Edisi Revisi.
Ekosusilo, Madyo. 2015. Supervisi Pengajaran dalam Latar Budaya Jawa. Sukoharjo: Univet Bantara Press.
Kusuma, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.
Madja, W. 2012. Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran: Kumpulan Karya Tulis Terpublikasi. Malang: Wineka Media. Cet. Ke-3.
Mulyasa, E. 2013. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdarkya.
Mulyasa, E. 2014. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala sekolah/madrasah.
Pidarta, Made. 2016. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Purwanto, M. Ngalim. 2015. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosyda Karya..
Sagala, Syaiful. 2016. Kemampuan Profesional GUru dan Teanga Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sahertian, Piet A. 2014. Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset.
Saleh, Abud. Rahman dan Soepandri Suriadinata. 2011. Ilmu Keguruan, Seri Pedagogik. Jakarta: Dharma Bhakti.
Sanjaya, Wina. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.
Soetjipto dan Raflis Kosasi. 2014. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. 2015. Psikologi Pendiidkan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Thoha, Miftah. 2015. Pembinaan Organisasi Sekolah, cetakan ke tiga, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Fokusmedia.
Usman, Moh. Uzer. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wahjosumidjo. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wardani. 2015. Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM). Jakarta: Universitas Terbuka.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i3.7722
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Nunuk Purwatiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |