PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (SURVEI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Pengaruh kemandirian belajar dan minat secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. 2). Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. 3). Pengaruh minat terhadap prestasi belajar pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Jumlah sampel adalah 20 siswa Sekolah Menengah Pertama Swasta di Kecamatan Bogor Barat. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1). Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar dan minat secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil pengujian diperoleh bahwa nilai Fo = 1264,727 dan Sig. =0,000 < 0,05. 2). Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai to = 4,791 dan Sig. =0,000 < 0,05. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan minat terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil pengujian diperoleh bahwa nilai to = 2,816 dan Sig. =0,006 < 0,05.
Kata kunci : Kemandirian belajar, minat, prestasi belajar pelajaran ilmu pengetahuan sosial
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v3i2.712
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Lusiana Wulansari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |