INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI
(1) LPPM
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari pelatihan ini adalah mengembangkan kemampuan guru TK dan PAUD dalam mengintegrasikan pendikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Kegiatan ini diikuti oleh 195 orang guru TK dan PAUD Di wilayah kecamatan Jatisampurna dan Jatimelati. Dalam kurikulum pendidikan baik di PAUD maupun di TK bahasa Inggris bukan merupakan mata pelajaran. Bagaimanapun juga bahasa Inggris sangat penting dalam dipelajari sejak dini untuk menghadapi era globalisasi. Pendidikan karakter harus diberikan sejak dini karena akan memberikan manfaat bagi pembentukan karakter dan membawa mereka pada sikap positif pada masa yang akan datang. Integrasi nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk pengalaman belajar bagi siswa dalam berbagai aktifitas. Di sisi lain, guru harus banyak menggali kreatifitas dalam pengajaran bahasa Inggris. Guru juga menekankan pada aktifitas pembelajaran pada siswa supaya dapat mencapai tujuan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini adalah (1) Para guru memahami konsep pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini. (2) Para mampu mengintegrasikan nilai-nilai karakter pada pembelajaran bahasa Inggris melalui berbagai aktifitas pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v3i1.685
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 susi wati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |