PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA YAYASAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL DAARUL KIROM JATI SEMPURNA BEKASI
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengajaran bahasa Inggris kepada para guru dengan menggunakan strategi pembelajaran tematik di yayasan pendidikan dan sosial Daarul Kirom Jl. Sanghiang Senopati Ahmad Kelurahan Jatiraden, Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi tahun 2015-2016. Metode penyuluhan kali ini menerapkan strategi pembelajaran tematik. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tematik dapat meningkatkan profesionalitas guru dan hasil belajar bahasa Inggris siswa. Adapun langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran tematik sebagai berikut: Pada tahap pertama penyuluh mulai menerapkan model pembelajaran tematik dengan tema ”kehidupan sehari-hari” dan menggunakan variasi metode, seperti simulasi, tanya jawab, penugasan dan games. Pada tahap selanjutnya dilanjutkan dengan tema ”lingkungan” dengan pemberian reward untuk meningkatkan motivasi guru dalam melakukan aktivitas peningkatan kemampuan mengajar. Proses pembelajaran dan aktifitas mengajar guru diamati oleh penyuluh dan kepala sekolah menggunakan lembar observasi. Di akhir tahapan dilaksanakan tes untuk mengetahui tingkat pemahaman para guru terhadap materi yang telah disampaikan oleh penyuluh.
Full Text:
PDFReferences
AM, Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Irwanto. 2002. Psikologi Umum. Jakarta: PT Prenhallindo,
Iska, Zikri Neni. 2008. Psikologi Pengantar Pemahaman Diri dan Lingkungan. Jakarta: Penerbit Kizi brother’s
Kunandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
http://pembelajaranguru.wordpress.com/2008/05/20/pembelajaran-tematik-landasan/ diakses pada tanggal 2 september 2015.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v3i1.683
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 M. Sulhan, Nurjanah Nurjanah, Noni Marlianingsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |